Pembelajaran Berbasis XR, Mengubah Pemahaman Siswa Belajar
KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Kemajuan teknologi yang pesat membawa dampak signifikan terhadap lingkungan dan pengalaman belajar siswa. Sejalan dengan hal tersebut, pendidik dituntut untuk berinovasi dalam merencanakan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai media pembelajaran.
“Inovasi dalam pembelajaran merupakan upaya pendidik untuk terus mengembangkan diri melalui pemanfaatan media yang sesuai dengan perkembangan teknologi,” ujar Dr. Tri Kuat, M.Pd., Ketua Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) skema Mono Tahun hibah internal LPPM Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.
Siaran pers yang diterima koranbernas.id Kamis (6/03/2025) menyebutkan, Dr. Tri Kuat menyampaikan hal itu pada Senin (17/2/2025) di SD Muhammadiyah Mertosanan, Banguntapan, Bantul, di depan guru-guru setempat. Kegiatan berlangsung dua kali dengan jeda 8 hari. Kegiatan kedua berlangsung Selasa (25/2/2025).
Menurut Dr. Tri Kuat, teknologi saat ini dapat dikembangkan dengan mengintegrasikan interaksi antara manusia dan mesin. Salah satu bentuk inovasi yang dapat diterapkan adalah Extended Reality (XR), yang mengombinasikan dunia nyata dengan elemen digital. Teknologi ini memungkinkan interaksi yang lebih imersif dan interaktif antara pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Sementara itu, Purnawan, M.Pd. menjelaskan, bahwa penggunaan Augmented Reality (AR) bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, memvisualisasikan konsep secara lebih menarik dan interaktif, memperkaya pengalaman belajar dengan elemen digital, serta mendorong kreativitas dalam pembelajaran.
Sedangkan Arief Kurniawan, M.Pd., menyampaikan, bahwa kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan inovasi pembelajaran bagi pendidik di SD Muhammadiyah Mertosanan. Beberapa aspek yang dibahas dalam program ini meliputi perencanaan pembelajaran, tujuan operasional, serta pengembangan media pembelajaran dengan memanfaatkan Paint 3D yang kemudian didesain menggunakan aplikasi Sketchfab atau perangkat serupa.
Kegiatan PkM ini merupakan langkah dalam menghadapi tantangan perkembangan teknologi yang semakin maju dan dapat diintegrasikan ke dalam media pembelajaran. (*)