Kamis, 04 Mar 2021,

peduli-bencana-kkn-umby-galang-dana-onlineAnggie Puspariana (istimewa)


--
Peduli Bencana, KKN UMBY Galang Dana Online

Oleh: Anggie Puspariana
SHARE

MAHASISWA Kuliah Kerja Nyata (KKN-PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta sangat antusisas mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk bahu-membahu menolong korban bencana alam di Jawa Barat, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

Diinisiasi oleh sepuluh orang yang merupakan mahasiswa KKN-PPM UMBY Periode XXXVIII, Kelompok 38 dengan mengadakan galang dana online, sebagai wujud kepedulian terhadap korban bencana alam yang terjadi di Indonesia.


“Kami sebagai manusia sosial tentunya turut prihatin dengan nasib masyarakat yang terkena musibah. Walau objek atau lokasi KKN kami berada di Kab. Lebong, Bengkulu, namun tak ada salahnya kami bergotong-royong mengajak masyarakat untuk mengulurkan kepedulian kita semua, menolong semua saudara kita yang sedang diuji bencana. Berapa pun nominalnya pasti sangat berharga untuk menolong mereka,” ungkap Puji Sukma yang merupakan Ketua KKN-PPM UMBY Kelompok 38.

KKN-PPM UMBY Kelompok 38, yang berlokasikan di Pasar Muara Aman, Kec. Lebong Utara, Kab. Lebong, Prov. Bengkulu tersebut, mengadakan penggalangan donasi secara online, disebabkan oleh keadaan para anggota kelompok yang juga melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring dari daerah asal masing-masing mahasiswa.


Penggalangan dana ini dibuka pada periode 19 Januari 2021 hingga 10 Februari 2021 yang dilakukan dengan sistem transfer tunai bagi donatur yang akan mendonasikan bantuannya bagi korban bencana. Hasil donasi akan diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, serta bekerja sama dengan Lembaga Kemahasiswaan dari universitas daerah korban bencana. Hal ini kemudian sangat mendapat dukungan oleh dosen pembimbing lapangan KKN-PPM UMBY Kelompok 38, Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T.

“Kegiatan yang bagus dengan mengajak masyarakat supaya berdonasi untuk masyarakat yang sedang dilanda musibah. Mengenai hasil donasinya sedikit, tidak menjadi masalah. Semua sudah berusaha menolong dengan baik. Harapannya, kegiatan kemanusiaan semacam ini dapat berlanjut walaupun di luar periode yang telah ditentukan”, ujar dosen pembimbing lapangan KKN-PPM UMBY Kelompok 38, Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T.

 

Anggie Puspariana

Mahasiswa UMBY.



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini