atas1

Olahraga Rugby Kian Diminati

Jumat, 01 Nov 2019 | 00:57:22 WIB, Dilihat 1456 Kali
Penulis : Sari Wijaya
Redaktur

SHARE


Olahraga Rugby Kian Diminati Pengenalan olahraga Rugby di Kampus UMBY Jalan Wates KM 10, Sedayu ,Bantul.(Istimewa)

Baca Juga : UAD Luncurkan Logo Milad ke-59


KORANBERNAS.ID -- Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sebagai  program studi yang fokus di keolahragaan memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan olahraga. Salah satunya olahraga Rugby yang belum begitu dikenal ditanah air namun sangat familiar di Australia,Jepang dan Amerika.

"Di Indonesia olahraga ini belum dikenal lama,namun sudah bisa maju dalam PON 2020 di Papua. Ini tentu hal yang luar biasa," kata Humas UMBY Widarta MM di kantornya Jalan Wates KM 10, Sedayu, Bantul, Kamis (31/10/2019).

Maka melihat potensi besar yang ada,dan agar lebih dikenal mahasiswa  sekaligus  untuk peningkatkan prestasi mereka, maka Prodi ini mengadakan kegiatan GIR (get Into Rugby) tanggal 28 Oktober lalu. GIR adalah implementasi dari kerjasama dengan PRUI DIY (Persatuan Rugby Union Indonesia) untuk mengenalkan dan mengembangkan olahraga Rugby di Negara Indonesia khususnya di wilayah Yogyakarta.

Dalam acara ini mengundang langsung pelatih Tim DIY yang akan berlaga di PON 2020 yaitu Abdul Mahfudin Alim dan Febri Sulistiya. Kampus juga mendatangkan salah satu wasit profesional Rugby dari Jepang  bernama Shuhei Sugiyura.

Menurut salah satu dosen dan pengurus PRUI DIY, Antonius Tri Wibowo, jika kegiatan ini sangat bagus untuk mahasiswa, mereka memilki potensi besar untuk bisa berprestasi di kancah Nasional ataupun Internasional.

"Sebab  dari kalangan mahasiswalah yang saat ini menjadi skuad tim PON DIY. Sehingga dengan mengadakan pengenalan dan pelatihan ke mahasiswa bisa memasyarakatkan olahraga Rugby sekaligus mencari bibit atlet yang bisa dikembangkan untuk menjadi atlet Rugby professional," katanya.

Beberapa mahasiswa Program Studi Ilmu Keolahragaan UMBY sendiri  masuk menjadi tim dalam ajang tes event Porda DIY yang baru saja berlangsung.

"Adapun materi dalam pengenalan Rugby ini meliputi kesiapan dalam permainan Rugby, Pengenalan value-value positif dari olahraga, Peraturan Rugby dan sekaligus cara bermainnya," jelasnya. (yve)



Jumat, 01 Nov 2019, 00:57:22 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 721 View
UAD Luncurkan Logo Milad ke-59
Jumat, 01 Nov 2019, 00:57:22 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 1167 View
Udon Khas Jepang Buka Retail Keduanya di Kota Gudeg
Jumat, 01 Nov 2019, 00:57:22 WIB Oleh : W Asmani 543 View
PKL Purworejo Dapat Berkah Gerobak

Tuliskan Komentar