Muh Aris Nugraha Ketua Umum Pengkab ISSI Kulonprogo 2023-2027

Muh Aris Nugraha Ketua Umum Pengkab ISSI Kulonprogo 2023-2027

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO – Melalui Musyawarah Kabupaten (Muskab) yang berlangsung di Ruang Sadewa Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulonprogo, Rabu (22/3/2023) sore, Muh Aris Nugroho secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Kabupaten Ikatan Sepeda Sport Indonesia (Pengkab ISSI) Kulonprogo periode 2023-2037.

Ketua Umum Pengkab ISSI Kulonprogo periode 2018-2022, H Sukoco, mengatakan Muskab adalah sebuah amanah dari aturan organisasi ISSI, yang semestinya diselenggarakan akhir tahun 2022 namun adanya kendala teknis baru terselenggara hari ini.

“Penyelenggaraan Muskab ISSI ini adalah pengalaman pertama kami karena pada pembentukan pengurus periode sebelumnya belum diselenggarakan muskab. Pada saat itu hanya berlandaskan semangat untuk menghidupkan kembali ISSI Kulonprogo yang telah lama vakum baik organisasi maupun kegiatan,”kata Sukoco.

Lebih lanjut Sukoco menerangkan waktu itu didukung oleh rekan-rekannya dari Pemerintah Kulonprogo yaitu Sumarsana, Aris Nugraha dan Langgeng Basuki serta Ketum KONI Bambang Gunoto, dirinya bermusyawarah untuk menghidupkan kembali ISSI Kulonprogo.

“Dalam pertemuan tersebut dengan berat hati, saya bersedia menjadi Ketua Umum ISSI Kulonprogo, meskipun saya menolaknya mengingat akan memasuki masa pensiun. Tetapi karena desakan dan dukungan dari peserta musyawarah yang hadir maka saya menerima posisi tersebut dengan syarat Aris Nugraha menjadi Wakil Ketua Umum,”terang Sukoco.

Sukoco menambahkan pada periode kepengurusannya banyak kekurangan. Dia berharap ISSI Kulonprogo lebih maju pada periode kepengurusan mendatang.

Waketum III KONI Kulonprogo, Anung Marganto,  mengungkapkan Pengkab ISSI Kulonprogo telah menjalankan amanah AD ART dari ISSI Pusat untuk menyelenggarakan Muskab.

“KONI Kulonprogo berharap agar Pengurus ISSI ke depan agar lebih solid untuk membawa prestasi medali emas pada Porda DIY tahun 2025,” ungkap Anung.

Dia menjelaskan pada September 2023 akan diselenggarakan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab). Ajang ini sangat penting untuk menjaring atlet-atlet yang akan disiapkan pada Porda 2025.

“Cabang olahraga (Cabor) yang boleh mengikuti Porkab yakni memiliki atlet yang tersebar di eam kapanewon. Jika kurang dari itu maka bisa diselenggarakan Kejuaran Kabupaten (Kejurkab) yang fungsinya sama untuk menyiapkan atlet pada Porda 2025,” jelas Anung.

Dia menambahkan Pengkab ISSI Kulonprogo agar segera membuat program kerja untuk pelatihan pada tahun 2024 lanjut tahun 2025.

“Dalam Muskab ini sangat perlu untuk memberikan evaluasi program tahun sebelumnya dan memilih Ketua berikut formatur untuk melengkapi kepengurusan ISSI Kulonprogo,” tambah Anung.

Ketua Umum ISSI terpilih Muh. Aris Nugraha mengungkapkan dirinya mengapresiasi atas perjuangan pengurus periode sebelumnya.

“Kami berharap agar semua pihak mendukung kepengurusan ISSI Kulonprogo kedepan agar dapat lebih berprestasi di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Target yang dicanangkan oleh KONI untuk bisa merebut emas Porda 2025 bisa terwujud,” ungkap Aris.

Untuk meraih prestasi tersebut perlu adanya tiga pilar yakni Pengurus, Atlet dan Orang Tua Atlet harus berkomitmen membawa kemajuan bagi ISSI Kulonprogo.

“Pada Popda DIY 2023 ISSI Kulonprogo berhasil mempersembahkan satu buah medali emas. Ini menjadi modal yang baik untuk tetap kita bisa sebagai atlet unggulan agar prestasinya dapat meningkat pada Porda 2025 mendatang,” tegas Aris. (*)