Kamis, 21 Okt 2021,


meski-bangkrut-akibat-pandemi-ny-kristina-pantang-menyerahNy. Kristina dan Fahmy (Istimewa).


--
Meski Bangkrut Akibat Pandemi, Ny. Kristina Pantang Menyerah

SHARE

PANDEMI Covid-19, menyebabkan banyak yang berkurang pendapatan. Pandemi ini sangat mempengaruhi perekonomian masyarakat Indonesia. Sudah satu tahun lebih perekonomian masyarakat Indonesia mengalami penurunan sehingga banyak orang gulung tikar. Salah satunya Ny. Kristina (35) yang terdampak pandemi ini. Sampai saat ini, ia masih mencoba bertahan untuk menghadapi situasi ini.


Awalnya Ny. Kristina menjual dagangan pakaian di kios. Namun pendapatan semakin hari semakin berkurang. Ia tidak sanggup lagi membayar sewa kios. Perempuan ini tidak putus asa. Ia menjualnya dengan cara keliling atau menawarkan dari rumah ke rumah.


Sebelum adanya pandemi, Ny. Kristina memiliki 2 karyawan untuk menjaga kios. Sekarang ia tidak sanggup lagi membayar 2 karyawan. Jalan keluarnya, Ny. Kristina berkeliling menggunakan sepeda motor. Selain pakaian, ia juga menerima pesanan seperti handuk, perlengkapan bayi. Terkadang ia juga menjual makanan, namun tetap fokus menjual pakaian.

Omzet Ny. Kristina sebelum pandemi mencapai puluhan juta rupiah perbulan. Ia dulu mengambil pakaian dari beberapa sales. Sekarang ia mencari sendiri barang dagangan. Pendapatannya menurun 60% dari sebelumnya. Meski begitu, ia tetap bersyukur dan pantang menyerah dalam berjualan pakaian. *


Fahmy Purnamandiri Kurniawan & Ignatius Soni Kurniawan, S.E, M.Sc

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

 



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini