Selasa, 15 Jun 2021,


libur-lebaran-vaksinasi-tetap-jalan-terus-dr Abednego Dani Nugroho. (istimewa)


Sariyati Wijaya
Libur Lebaran, Vaksinasi Tetap Jalan Terus

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Program vaksinasi di Kabupaten Bantul tetap berjalan kendati libur Lebaran. Tetapi semua diserahkan kepada Puskesmas atau rumah sakit untuk penjadwalannya. Sebab, yang mengetahui data penyuntikan adalah Puskesmas atau rumah sakit yang memberikan layanan.


“Libur Lebaran ini vaksinasi tetap berjalan. Untuk pengaturan, dipersilahkan kepada Puskesmas atau rumah sakit masing-masing yang melaksanakan. Namun jika akan dilakukan setelah libur, juga dipersilahkan. Kami serahkan kepada kebijakan masing-masing faskes. Kalau secara prinsip, vaksinasi berjalan terus,” kata dr Abednego Dani Nugroho, Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, kepada koranbernas.id, Sabtu (15/5/2021).


Abednego menjelaskan, pihaknya mengebut vaksinasi kepada warga lanjut usia (lansia) dan juga pelayan publik. Sehingga meski ada libur panjang, Puskesmas dipersilahkan membuka jadwal vaksinasi selain layanan kegawatdaruratan yang memang tetap buka selama libur Lebaran.

Abed menambahkan, Kabupaten Bantul baru saja menerima 28.000 dosis vaksin. Jumlah tersebut akan menyasar 14.000 warga dengan masing-masing dua kali penyuntikan. “Prioritas kami ke lansia dan pendidik, yakni dari perguruan tinggi,” katanya.


Secara terpisah, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, mengatakan masyarakat tidak perlu ragu untuk mengikuti program vaksinasi. Pemerintah telah memastikan keamanan vaksin. Joko sendiri telah mengikuti program vaksinasi di Bantul. (*)




SHARE


'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini