Layanan Tanya 321 Memudahkan Akses Informasi Kesehatan

Layanan Tanya 321 Memudahkan Akses Informasi Kesehatan

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) bersama Viamo Indonesia (Viamo) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat, berkolaborasi meluncurkan layanan Tanya 321. Dengan layanan ini, masyarakat bisa mengakses informasi resmi mengenai kesehatan dari pemerintah dan organisasi internasional terkait selama 24 jam sehari, lewat aplikasi WhatsApp.

"Layanan ini dapat menjadi upaya peningkatan komunikasi, informasi dan edukasi dalam mendukung program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI," papar Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir dalam peluncuran layanan Tanya 321 di Jakarta secara virtual, Jumat (26/8/2022).

Peluncuran dilakukan bersama Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Maria Endang Sumiwi, Country Director Viamo Indonesia, Patrick M Compau.

Menurut Marwan, kolaborasi dengan Viamo Indonesia mendukung Kementerian Kesehatan RI dengan menerapkan teknologi seluler untuk menyediakan layanan akses informasi kesehatan Tanya 321 bagi masyarakat Indonesia. Kolaborasi ini sekaligus menjadi wujud nyata upaya kami mendukung gerakan inovasi dari penyediaan informasi secara digital yang inklusif.

Sebab dapat secara mudah diakses oleh pelanggan XL Axiata yang sebagian besar juga merupakan pengguna aktif whatsapp. Pemilihan aplikasi WhatsApp sebagai wadah dari penyebaran informasi sangat relevan, karena di Indonesia tercatat ada lebih dari 80 juta pengguna WhatsApp pada tahun 2021 dari data Statista, 2021. Karena itu, penyebaran informasi resmi dari pemerintah dapat juga difasilitasi dengan layanan ini.

"Masyarakat dapat mengakses informasi umum resmi pemerintah tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Masyarakat cukup menghubungi Tanya 321 lewat WhatsApp di nomor 0819-0819-2-321 atau di link bit.ly/tanya321," jelasnya.

Sementara Patrick mengungkapkan, melalui fasilitas Tanya 321 ini, Kemenkes memberikan layanan informasi kesehatan secara resmi. Tak hanya informasi Covid-19 dan vaksin, masyarakat juga dapat mengakses informasi kesehatan ibu dan anak. Selain itu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental, serta edukasi penyakit lainnya.

"Kami menghadirkan Tanya 321, WhatsApp Chatbot yang berisi informasi vital yang dapat membantu masyarakat melindungi diri dan keluarganya, bagaimana mencegah penyakit stunting, dan melawan penyakit lain seperti COVID-19 dan sebagainya,” paparnya.

Maria menambahkan, kini sarana akses informasi Kemenkes memungkinkan menjangkau masyarakat Indonesia seluas mungkin. Peluncuran layanan Tanya 321 ini searah dengan transformasi layanan primer yang sedang dijalankan oleh Kementerian Kesehatan untuk memperkuat aktivitas promotif preventif.

"Salah satunya adalah dengan memberikan edukasi agar menciptakan lebih banyak orang sehat, memperbaiki skrining kesehatan serta meningkatkan kapasitas layanan primer," jelasnya. (*)