Kamis, 21 Okt 2021,


kulonprogo-mendapat-kiriman-15000-dosis-vaksin-modernaKepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami. (istimewa)


Anung Marganto
Kulonprogo Mendapat Kiriman 15.000 Dosis Vaksin Moderna

SHARE

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO -- Sebanyak 15.000 dosis vaksin Covid-19 berlabel Moderna telah datang di Kulonprogo untuk vaksinasi bagi tenaga kesehatan (nakes). Selain nakes, vaksin Moderna juga bisa untuk masyarakat yang lolos skrining berusian minimal 18 tahun. Hal ini diharapkan akan mempercepat tercapainya herd immunity atau kekebalan kelompok di Kulonprogo.


Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami, mengungkapkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Moderna kepada nakes di Kabupaten Kulonprogo dilakukan sejak Sabtu (18/9/2021) lalu di RSUD Wates.


"Vaksinasi Covid-19 berlabel Moderna yang diperuntukkan kepada nakes dan masyarakat dengan skrining yang ketat dilakukan di RSUD Wates," kata Sri Budi kepada koranbernas.id, Selasa (21/9/2021).

Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat umum di wilayah kabupaten Kulonprogo dengan menggunakan vaksin buatan Amerika Serikat ini mulai digencarkan. "Penggunaan vaksin Covid-19 berlabel Moderna ini SOP-nya juga hampir sama dengan vaksin Covid-19 varian lainnya ya. Dosis yang digunakan sebanyak dua kali. Tenggat waktu antara dosis pertama dan kedua adalah sekitar empat minggu," ungkap Sri Budi.


Dinas Kesehatan Kulonprogo juga terus melakukan pemantauan terhadap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) bagi masyarakat yang telah menerima vaksinasi Covid-19 jenis Moderna. Hasilnya, tidak ada KIPI serius yang terjadi pada masyarakat pasca menerima suntikan vaksin Covid-19 berlabel Moderna. Hanya ada sebagian penerima vaksin yang mengalami KIPI berat missal panas agak tinggi, agak lemes dan sebagainya. Hampir semuanya KIPI hilang dalam  2-3 hari.

"Mekanisme pengawasannya sama dengan vaksin Covid-19 jenis lainnya. Pengawasan KIPI tetap kita lakukan secara ketat. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kulonprogo tidak ada KIPI serius yang terjadi kepada masyarakat pasca menerima suntikan vaksin Covid-19 Moderna," ujar  Sri Budi.

Sementara dari sumber data KPC PEN pada tanggal 19 September 2021 pukul 16.00, total pencapaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di wilayah Kulonprogo mencapai 235.420 atau sekitar 68,69 persen. Sedangkan, dosis kedua mencapai 103.445 atau sekitar 30,19 persen.

Ketua Gugus Tugas Covid-19  Kulonprogo, Fajar Gegana, yang juga Wakil Bupati Kulonprogo, mengatakan total target vaksinasi Covid-19 di wilayah kabupaten Kulonprogo mencapai 342.720 orang . Pemerintah Kabupaten Kulonprogo akan terus berusaha untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dari tingkat kalurahan, kapanewon ataupun berkolaboasi dengan instansi pemerintah maupun swasta.

"Kami ingatkan kepada masyarakat di wilayah kabupaten Kulonprogo, yang belum menerima vaksin Covid-19, segera mendaftarkan diri untuk menerima suntikan vaksin Covid-19 agar herd immunity atau kekebalan kelompok mampu dicapai oleh kabupaten Kulonprogo. Risiko terpapar Covid-19 akan lebih kecil," kata Fajar Gegana. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini