atas1

Korem 071/Wijayakusuma Menggelar Uji Profesionalitas Prajurit

Kamis, 06 Feb 2020 | 19:43:47 WIB, Dilihat 273 Kali
Penulis : Redaktur
Redaktur

SHARE


Korem 071/Wijayakusuma Menggelar Uji Profesionalitas Prajurit Pelaksanaan Uji Terampil Perorangan Tamtama dan Bintara di Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas, Rabu (5/2/2020). (istimewa)

Baca Juga : Begini Upaya Pemkab Purworejo Agar SP2020 Sukses


KORANBERNAS.ID, BANYUMAS -- Prajurit profesional dituntut menguasai dan mahir melaksanakan tugas sesuai pangkat dan jabatannya. Karenanya, Korem 071/Wijayakusuma menggelar Uji Terampil Perorangan Tamtama dan Bintara, Rabu (5/2/2020), di Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

"Untuk mencapai tingkatan profesional diperlukan latihan secara maksimal, bertahap, bertingkat dan berlanjut diawali dengan latihan perorangan sampai latihan satuan untuk mencegah terjadinya kesalah-pahaman dalam pengaplikasian prosedur dan teknik sesuai tugas dan tanggungjawab yang diemban prajurit," terang Mayor Inf Yusuf Prasetyo, Kasiopsrem 071/Wijayakusuma.

Menurut Yusuf Prasetyo, latihan Uji Terampil Perorangan (UTP)  bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan prajurit Korem 071/Wijayakusuma pada tingkat keterampilan dan jabatannya masing-masing.

"Sehingga bisa menjadi prajurit yang disiplin, profesional, solid, berwawasan kebangsaan dan mencintai serta dicintai rakyat. Karena menyikapi era globalisasi dan modernisasi saat ini, kesiapan dan kecakapan prajurit sangat diperlukan. Juga untuk memelihara, meningkatkan dan mengetahui tingkat pengetahuan dan ketrampilan perorangan prajurit sesuai Buku Pedoman Umum Prajurit (BPUP) serta sasarannya bagi Bintara dan Tamtama mampu dan memahami tingkat keterampilan dalam BPUP," paparnya.

Adapun materi yang diujikan pada pelaksanaan Uji Terampil Perorangan (UTP) untuk personel Korem 071/Wijayakusuma sesuai dengan tugasnya sebagai komando teritorial juga membahas masalah teritorial. Pos I mulai dari pangkat Pratu dan Praka, materinya bersifat mendasar yaitu tentang Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, pengumpulan keterangan dan lapor cepat serta bagaimana mencari data geodemokonsos.

Kemudian berlanjut ke pos 2 dan seterusnya, hingga ke materi yang lebih mendalam yang berada di Pos V untuk pangkat Serka dan Serma yaitu menguji materi spesialisasi tentang Intel ter, spesialisasi ketatalaksanaan binter, spesialisasi pembinaan ketahanan wilayah, spesialisasi komunikasi sosial dan spesialisasi bhakti TNI.

Danrem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Dani Wardhana, menyatakan Uji Terampil Perorangan ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dasar kemiliteran masing-masing prajurit sesuai bidang tugasnya, agar kedepan nantinya dalam melaksanaan tugas berjalan secara tepat, benar dan proporsional sesuai yang diharapkan.

"Setiap prajurit, khususnya prajurit Makorem 071/Wijayakusuma, dituntut dan wajib mengetahui tugas dan perannya masing-masing  sesuai jabatan yang diemban, agar nantinya ke depan dalam melaksanakan tugas diharapkan menjadi prajurit yang handal dan profesional, prajurit yang mampu menunjukkan kinerja yang baik," kata Danrem. (*)



Kamis, 06 Feb 2020, 19:43:47 WIB Oleh : W Asmani 326 View
Begini Upaya Pemkab Purworejo Agar SP2020 Sukses
Kamis, 06 Feb 2020, 19:43:47 WIB Oleh : Redaktur 270 View
Wasrik, Agar Program dan Anggaran Tidak Menyimpang Aturan
Kamis, 06 Feb 2020, 19:43:47 WIB Oleh : Sholihul Hadi 480 View
Studio Arsitektur UII Buka 24 Jam, Satu-satunya di Indonesia

Tuliskan Komentar