Minggu, 26 Sep 2021,


keuntungan-mempelajari-bahasa-inggris-sejak-diniRahmad Suryanto (Dok. Pribadi).


--
Keuntungan Mempelajari Bahasa Inggris Sejak Dini

Oleh: Rahmad Suryanto
SHARE

BAHASA Inggris kini menjadi bahasa internasional. Setiap negara pasti menggunakannya untuk berkomunikasi dengan warga dari luar negara tersebut. Pada era digital seperti ini, kita bisa mempelajari sesuatu dengan sangat mudah dan sangat cepat, sehingga kita bisa mempelajari berbagai hal di mana saja dan kapan saja termasuk mempelajari bahasa Inggris.


Apalagi pada masa seperti ini, anak-anak sudah diberikan HP oleh orang tuanya, sehingga mereka bisa mengenal bahasa Inggris sejak dini dan berlatih bagaimana cara berbahasa dan pengucapan kata-kata Inggris yang baik dan benar. Namun peran orang tua juga sangat mendukung pada hal ini dikarenakan apabila anak-anak mereka tidak diawasi kemungkinan mereka bisa mencari dan menjelajahi hal-hal yang belum patut dipelajari oleh mereka.


Keuntungan anak mempelajari bahasa Inggris sejak dini, salah satunya adalah untuk mempermudah memahami makna kata-kata dalam bahasa Inggris dan mempermudah mereka ketika diberikan pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Namun tidak hanya mampu memahami pelajaran yang diberikan pada sekolah dasar; mereka diharapkan juga mampu memahami pelajaran ke jenjang jenjang yang lebih tinggi, sehingga pada saat mereka diberikan suatu materi mereka dapat memahami dengan cepat dan tanggap, sehingga diharapkan mereka mampu mendapatkan prestasi yang unggul pada bidang bahasa Inggris.

Keuntungan lain dari mempelajari bahasa Inggris yaitu mereka bisa mendapatkan prospek kerja yang lebih banyak dan bisa menjelajah ke ranah internasional. Umumnya pada anak usia dini memang belum begitu paham mengenai prospek kerja ke depan untuk mereka, tetapi anak-anak biasanya sudah memiliki cita-cita sejak kecil, walaupun kadang berganti-ganti sesuai imajinasi mereka. Padahal  sebagai orang tua juga harus mengetahui ke mana arah bakat anak mereka, dikarenakan apabila mereka tidak mempunyai bakat pada bidang bahasa Inggris namun orang tuanya menginginkan anak tersebut pandai dalam berbahasa Inggris, maka anak tersebut akan menjadi tertekan dan kemungkinan prestasi mereka akan menurun akibat paksaan dari orang tua.


Sehingga alangkah baiknya kita memberi masukan sedikit demi sedikit dan memberikan saran serta pengetahuan tentang bahasa Inggris kepada anak, supaya anak bisa lebih tertarik mempelajari bahasa Inggris. Seperti contoh, memberitahu anak untuk ke depan bagaimana prospek kerja lulusan bahasa Inggris, dan kita juga bisa mengiming-imingi anak supaya tertarik seperti mengatakan kepada anak, bahwa apabila kita jago dalam bahasa Inggris maka kita bisa berbicara dengan orang asing dari berbagai negara, yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan cara ini kemungkinan anak akan tertarik terhadap bahasa Inggris walaupun itu juga kembali ke bakat anak dan kemauan anak itu sendiri.

Mempelajari bahasa Inggris sejak dini akan melatih lidah kita untuk berbicara secara baik dan benar. Apabila lidah sudah terbiasa mengatakan suatu kata dalam bahasa Inggris, maka suatu saat dia mendapatkan pelajaran atau berbicara dengan orang asing, anak tersebut akan dengan mudah memahami dan mengucapkannya dengan benar, namun untuk memahami suatu ucapan memang anak juga harus sering mendengarkan tentang obrolan atau film yang menggunakan bahasa Inggris. *

Rahmad Suryanto

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UAD



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini