Ketat Menerapkan Protokol Kesehatan, Grand Aston Yogyakarta Meraih Sertifikasi Safe Travels Dunia

Ketat Menerapkan Protokol Kesehatan, Grand Aston Yogyakarta Meraih Sertifikasi Safe Travels Dunia

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA—Grand Aston Yogyakarta Hotel & Convention Center, menerima sertifikasi safe travels dari Dewan Perjalanan & Pariwisata Dunia. Sertifikat ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen memastikan penerapan protokol kesehatan di semua fungsi yang relevan dari hotel yang merupakan jaringan Hotel Archipelago International ini.

“Komitmen utama kami saat ini, yaitu kebersihan yang mencakup higeinitas dan kesehatan selama tamu berada di dalam area hotel. Diawali dengan salam “namaste” Untuk mengurangi penularan virus, kami telah memerintahkan semua petugas untuk tidak berjabat tangan di antara mereka atau dengan tamu,” kata Sankar Adityas Cahyo, Marketing & Communications Manager Grand Aston Yogyakarta Hotel & Convention Center, Jumat (28/5/2021).

Dalam rilisnya, Sankar mengatakan, manajemen juga mewajibkan semua petugas dan tamu untuk mencuci tangan sesering mungkin, dan juga menggunakan pembersih tangan secara berkala. Bahkan petugas mendapat instruksi untuk menjaga jarak 2 meter saat berbicara satu sama lain atau begitu juga dengan tamu.

Seluruh karyawan telah divaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali di bulan Maret 2021, mengikuti program vaksinasi bagi pekerja public dari pemerintah daerah, wajib mencuci tangan, mengenakan seragam hotel dan ditambah seragam pelindung diri (masker dan sarung tangan) selama di tempat kerja. Setiap karyawan yang menderita batuk atau demam, tidak diizinkan untuk bekerja.

“Karyawan yang merasa tidak sehat kami wajibkan untuk beristirahat di rumah. Petugas yang berada di area-area khusus seperti front office, housekeeping dan food & beverages kami tambahkan alat pelindung diri demi keamanan petugas dan tamu yakni face shield dan APD ketika melakukan penyemprotan disinfektan.

“Semua tamu harus menggunakan masker penutup mulut dan hidung setiap saat di area hotel. Mereka diperiksa suhu tubuh sebelum memasuki area hotel maupun outlet. Demi keselamatannya diri sendiri dan orang di sekitarnya,”ungkap Sankar.

Bukan itu saja, manajemen hotel lanjutnya, juga mewajibkan semua staf dan tamu melalui ruang disinfektan keselamatan dan hand sanitizer, serta wajib menerapkan jaga jarak 2 meter dari tamu maupun petugas lainnya. Tamu juga diminta mengikuti jalur keselamatan saat berada di lift atau mencoba untuk tidak berbagi lift dengan tamu lain.

Sistem transaksi tanpa bersentuhan pun sudah ada sejak dahulu. Pendaftaran tamu, pembayaran melalu transfer bank, mengirimkan invoice atau tagihan melalui email, hingga berkomunikasi dengan petugas Butler Chat 24 Jam menggunakan aplikasi Archipelago Membership untuk kebutuhan apapun selama tinggal di hotel. Atau dengan kemudahan cara lain tekan angka 0 (nol) dari kamar tamu untuk bantuan apapun dapat dilayani.

Sementara, Imant Setiawan selaku General Manager Grand Aston Hotel & Convention Center Yogyakarta mengatakan, semua kebijakan dalam menerapkan protokol kesehatan ini, merupakan bagian dari komitmen Grand Aston Yogyakarta sebagai hotel bisnis mewah di Yogyakarta. Grand Aston Yogyakarta memiliki 5 ruang pertemuan stylish yang siap untuk menyelenggarakan acara bisnis atau acara sosial. Dari ruang pertemuan ukuran kecil, ukuran menengah hingga ukuran besar tersedia pula ruang VIP.

Di lantai pertama, terdapat Lotus Ballroom yang glamor untuk acara pernikahan mewah, pertemuan keluarga, atau acara perusahaan. Pilihan populer untuk penyelenggara acara karena fasilitasnya yang bagus, lokasi yang sangat baik, dan staf yang penuh perhatian dan selalu siap membantu.

Untuk mendukung pertemuan di hotel, terdapat fasilitas gratis hubungn internet wifi dengan kecepatan konsisten tertinggi. Yang sangat menarik lagi bagi tamu pebisnis, yakni layanan business center untuk mendukung setiap kebutuhan acara bisnis. Diantaranya terdapat persewaan bisnis seperti komputer, scan, cetakan berwarna, dan staf guest relations yang siap membantu.

Grand Aston Yogyakarta Hotel & Convention Center, adalah hotel tengah kota yang dikelilingi oleh berbagai pusat bisnis seperti pusat industri textile, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan hingga pusat kuliner. Diapit oleh Univertsitas besar di Yogyakarta, diantaranya UGM, UNY, UIN, UKDW serta pusat perbelanjaan Galeria Mall, hiburan bisokop hingga kedai-kedai kopi asik untuk berkumpul bersama teman-teman.

Hotel ini juga telah diakui selama bertahun-tahun oleh beberapa kelompok industri paling terkemuka. Salah satu penghargaan tertinggi yakni dianugerahi sebagai Luxury Business Hotel dari World Luxury Hotel Award pada 2018 dan 33 penghargaan lainnya dari tingkat nasional dan internasional. (*)