Kamis, 21 Okt 2021,


kelebihan-dan-kekurangan-mobil-manual-yuk-cek-sebelum-memilihIlustrasi. (honda-indonesia.com)


--
Kelebihan dan Kekurangan Mobil Manual, Yuk Cek Sebelum Memilih

SHARE

BERBAGAI vendor mobil seakan berlomba-lomba untuk menawarkan mobil matic. Karena memang dianggap lebih praktis dan tidak membuat cepat lelah saat dikendarai. Namun meski dengan gempuran mobil-mobil matic keluaran terbaru, versi mobil transmisi manual tetap banyak peminatnya. Bahkan di tahun 2018 lalu, penjualan mobil Honda Brio versi matic dan manual angkanya sebanding.


Salah satu alasan terbesarnya adalah banyak orang mengaku pertama belajar menggunakan mobil manual. Meski seiring berjalannya waktu gampang beralih ke versi matic, namun manual yang dianggap kurang praktis pun masih tidak sepi peminat. Cek berikut ini berbagai kelebihan dan kekurangan mobil manual, bisa jadi pertimbangan sebelum membeli.


Kelebihan: Menawarkan Akselerasi Lebih Baik

Kenyamanan adalah hal utama yang dicari saat memiliki kendaraan. Dalam hal ini, mobil manual menawarkan sistem akselerasi yang lebih baik. Anda dapat mengatur sendiri berapa laju kecepatan dan perseneling yang dipilih. Bisa pelan atau cepat sesuai dengan medan dan kondisi jalanan. Dalam hal ini, akselerasinya lebih akurat.


Mobil matic memang tinggal digas dan direm saja, namun dalam hal akselerasi perlu penyesuaian. Anda tidak bisa secara pasti mengatur akselerasi seperti halnya mobil manual. Jadi supaya makin lihai, perlu latihan dan penguasaan mobil matic dengan lebih baik.

Kelebihan: Harga Perawatan Lebih Murah

Uang memang selalu masuk ke dalam pertimbangan. Ada dua pertimbangan jika itu menyangkut uang saat berurusan dengan mobil. Pertama, dalam hal harga, mobil manual memang lebih terjangkau. Kedua, perawatan dari mobil dengan transmisi manual juga bisa dibilang lebih murah. Alasannya, harga dari kopling dan berbagai onderdil di mobil matic memang mahal, jadi membutuhkan pengeluaran lebih banyak.

Tidak berhenti di situ saja, ada banyak hal lainnya yang membuat perawatan mobil matic jauh lebih mahal. Contoh lainnya dalam perawatan komponen bernama Valve. Jika dipindahkah terlalu kencang atau cepat, Valve bisa saja rusak. Jika tidak segera diservis akan merembet ke komponen transmisi lain. Artinya, supaya mobil matic Anda tetap dalam kondisi prima harus rutin dan rajin servis kendaraan.

Kelebihan: Bisa untuk Engine Brake

Keunggulan lainnya, mobil manual bisa untuk melakukan engine brake. Bagi yang merasa kurang familiar dengan istilah tersebut, engine brake adalah teknik untuk melakukan pengereman dengan mengandalkan putaran mesin untuk menurunkan gigi. Teknik satu ini utamanya digunakan untuk membantu perlambatan mobil saat rem kewalahan.

Ada banyak manfaat yang dirasakan jika melakukan engine brake. Mulai dari perpindahan gigi yang lebih halus, mempercepat deselerasi, membuat pengereman makin mulus, sampai dengan bisa melakukan akselerasi secara spontan. Namun bagi Anda yang masih pemula, upayakan untuk selalu hati-hati dan terus belajar, baik itu dalam menyetir atau melakukan teknik engine brake.

Kekurangan: Boros Bahan Bakar

Sementara kekurangan utama yang dimiliki oleh mobil manual adalah cukup boros bahan bakar. Apalagi jika dibandingkan dengan berbagai mobil matic keluaran terbaru. Versi termutakhir, mobil matic ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur menghemat bahan bakar. Terutama jika dipakai mode santai pada jalan raya yang rentan dengan macet seperti di kota besar, contohnya Jakarta, Surabaya, sampai dengan Medan.

Selain itu, ada banyak hal lagi yang menyebabkan mobil manual sangat boros. Pertama, karena muatan atau beban yang banyak. Kedua, tidak dilakukan servis secara rutin. Ketiga adalah seringnya melakukan akselerasi atau deselerasi secara tiba-tiba.

Kekurangan: Membuat Tangan dan Kaki Pegal

Hal lainnya yang pantas untuk dipertimbangkan adalah mobil jenis ini kurang praktis. Anda perlu menggerakkan tangan dan kaki untuk menginjak rem dan mengoperasikan kopling. Jika berkendara di jarak yang dekat tidak masalah. Namun, jika Anda sedang memiliki agenda di tempat yang jauh, sepertinya akan membuat tubuh kelelahan. Bahkan bisa membuat kaki dan tangan terasa kram dan kebas. Apalagi jika tidak ada supir pengganti.

Selain itu, saat berada di kemacetan, mobil manual ini juga bisa dibilang cukup merepotkan. Apalagi jika terjadi kemacetan yang parah. Anda perlu oper gigi dan menginjak rem supaya bisa mengikuti kendaraan di depannya.

Kekurangan: Lebih Sulit di Tanjakan

Saat berada di jalan tanjakan dan berkelok-kelok seperti di gunung, Anda yang baru belajar mobil lebih disarankan untuk memilih mobil matic. Bahkan jika kondisi kurang menguntungkan seperti berada di kelokan dan menanjak, Anda sudah tidak perlu bingung lagi mengatur transmisinya.

Sebenarnya, bagi yang sudah mahir naik mobil manual, tanjakan pun tidak masalah. Bahkan, digadang-gadang lebih enteng jika tahu triknya. Maka dari itu, perlu belajar trik terlebih dahulu sebelum mencoba medan yang susah seperti tanjakan di areal pegunungan. Namun bagi Anda yang masih pemula, ada baiknya untuk lebih hati-hati saat naik mobil manual di jalan menanjak.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari mobil manual. Banyak sekali merek-merek mobil manual yang beredar di pasaran. Salah satu rekomendasinya adalah Honda Brio. Dari harganya yang cukup terjangkau, desain compact, sampai dengan menawarkan fitur keselamatan lengkap.

Tertarik untuk beli mobil Brio? Tidak perlu tunggu lama, Anda bisa langsung mengecek berbagai variannya di Blibli. Dari transmisi manual sampai dengan matic, semuanya ada. Pilihan warnanya juga begitu lengkap. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini