Kamis, 21 Okt 2021,


kahfi-raih-emas-pon-pertama-diy-di-nomor-catur-cepatEmas perdana di cabang catur berhasil diraih M Kahfi Maulana, Jumat (8/10/2021) sore, di Swiss Bell Hotel Merauke. (rosihan anwar/koranbernas.id)


Rosihan Anwar
Kahfi Raih Emas PON Pertama DIY di Nomor Catur Cepat

SHARE

KORANBERNAS.ID, MERAUKE -- Sekeping emas berhasil diraih pecatur DIY, M Kahfi Maulana, di nomor catur cepat perseorangan putra. Kahfi berhasil meraih emas setelah memastikan peroleh nilai tertinggi 6,5 Match Point (MP) ketika berlaga di Swiss Bell Hotel Merauke.


Pada pertandingan catur cepat Swiss sembilan babak yang berakhir Jumat (8/10/2021) sore, Kahfi hanya berselisih 0,5 MP dari pecatur Bali, Octo Dami, di peringkat kedua. Sedangkan medali perunggu diraih pecatur tuan rumah, Yoseph Theolifus Taher, yang mendapat 6 MP, atau sama dengan Octo Dami.


"Alhamdulillah, saya bisa melebihi target. Ini benar-benar di luar dugaan," kata Kahfi, usai pertandingan terakhir babak kesembilan.

Kahfi menyebutkan, kemenangan di nomor catur cepat sudah dipastikan sejak Kamis kemarin. Saat itu, dirinya sudah unggul dari pecatur lainnya.


"Ya sebenarnya kemarin sudah unggul. Hari ini saya cuma melatih opening saja," tutur mahasiswa UGM itu.

Pelatih catur DIY, Bima Tri Ardi Wijaya, juga mengaku bangga dengan pencapaian anak asuhnya. Padahal Kahfi ditargetkan meraih medali di nomor catur standar atau klasik.

"Saya sangat bersyukur dengan hasil ini. Awalnya, kami menanamkan kepada Kahfi, kalau bisa meraih medali saat ini, ayo kita raih supaya nanti beban kita agak ringan," sebut Bima.

Sebagai satu-satunya pecatur DIY yang berlaga di PON XX Papua, Kahfi turun di nomor catur kilat, cepat dan klasik. Sekeping perunggu dan satu medali emas diraih Kahfi, sejauh ini. (*)



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini