Kamis, 21 Okt 2021,


jembatan-ngasem-penghubung-dua-ruas-tol-penting-di-jawaPara pekerja sedang menyiapkan gelagar Jembatan Ngasem, Colomadu, Karanganyar. Jembatan ini akan menghubungkan jalan tol Trans Jawa dengan jalan tol Solo-Yogya-YIA. (putut wiryawan/koranbernas.id)


Heru Catur Nugroho
Jembatan Ngasem, Penghubung Dua Ruas Tol Penting di Jawa

SHARE

KORANBERNAS.ID SURAKARTA – Sebuah bangunan jembatan saat ini tengah dikerjakan oleh PT Jogjasolo Marga Makmur (PT JMM). Ini bukan jembatan biasa. Sebab, bangunan yang disebut sebagai Jembatan Ngasem ini nantinya punya fungsi vital, karena menghubungkan tol Solo- YIA dengan tol Trans Jawa.


Disebut Jembatan Ngasem, karena lokasi bangunan ini berada di Desa Ngasem, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Tepatnya, persis di seberang gerbang tol Colomadu sebagai pintu keluar dan pintu masuk tol Semarang-Solo.


Saat ini, sekitar seratusan pekerja tengah sibuk mengerjakan pengecoran tiang penyangga (pilar). “Produksi gelagar jembatan juga sedang kita kerjakan di plant precast. Ditargetkan awal Oktober sudah dapat dilaksanakan pemasangan gelagar, dilanjut pengecoran lantainya,” kata Dwi Yulianto, Manager Pengendalian Proyek, saat ditemui di lokasi proyek, Sabtu (11/9/2021).

Jembatan Ngasem akan melintang di atas jalan Kartasura-Semarang. Saat ini, konsentrasi pengerjaan Jembatan Ngasem berada di sisi selatan jalan Kartasura-Semarang.


Menurut Dwi Yulianto, panjang Jembatan Ngasem nantinya mencapai 190 meter dengan lebar 35 meter. Dari total 190 meter panjang jembatan tersebut, dibagi menjadi enam bentang. Empat bentang dibangun di sisi selatan jalan raya Kartasura-Semarang dan dua bentang lainnya dibangun di sisi utara jalan raya Kartasura-Semarang.

Empat bentang jembatan di sisi selatan jalan raya Kartasura-Semarang tersebut mulai dikerjakan sejak April lalu. Menurut Dwi Yulianto, saat ini sudah hampir 50 persen selesai dikerjakan.

“Sedangkan dua bentang di sisi utara jalan Kartasura-Semarang, baru akan dikerjakan pada tahun 2022 nanti,” kata Dwi Yulianto.

Nantinya, pengguna jalan Trans Jawa dari arah timur akan sangat dimudahkan jika hendak menuju Yogya. Tinggal keluar dari pintu gerbang tol Colomadu, langsung disambut Jembatan Ngasem untuk meneruskan perjalanan ke Yogya melalui ruas tol Solo-Yogyakarta-YIA. (*)

 



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini