delapan-kecamatan-di-klaten-lolos-verifikasi-sanitasiVerifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat tingkat Kecamatan Jogonalan di gedung pertemuan Desa Ngering Kecamatan Jogonalan Klaten (masal gurusinga/koranbernas.id)


Masal Gurusinga
Delapan Kecamatan di Klaten Lolos Verifikasi Sanitasi

SHARE

KORANBERNAS.ID, KLATEN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten melakukan verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) terhadap seluruh desa dan kecamatan. Hingga Selasa (2/8/2022), tercatat baru delapan kecamatan yang dinyatakan lolos verifikasi.


Kecamatan Jogonalan adalah kecamatan kedelapan yang dinyatakan lolos verifikasi oleh tim verifikasi tingkat kabupaten. Verifikasi dan penilaian dilakukan tim dilakukan di gedung pertemuan Desa Ngering.


"Semua desa di Jogonalan lolos. Jogonalan adalah kecamatan yang kedelapan yang lolos verifikasi tingkat kabupaten," kata dr Anggit, tim verifikasi STBM Kabupaten Klaten.

Anggit yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten itu menambahkan, setelah lolos diharapkan kondisi ini dipertahankan. “Sebaliknya kondisi akan bisa berubah jika kita terlena,” kata dia.


Lima pilar yang menjadi sasaran verifikasi dan harus dijaga adalah stop buang air besar sembarangan (BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengaman sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

Khusus sampah, tidak boleh dibakar dan dibuang sembarang tempat. Sampah harus ditumpuk dan dikelola oleh rumah tangga itu sendiri.

Delapan kecamatan yang telah lolos verifikasi STBM di antaranya Klaten Selatan, Klaten Tengah, Gantiwarno, Tulung dan Jogonalan.

Camat Jogonalan, Sutopo, merasa bersyukur seluruh desa di wilayahnya telah lolos verifikasi STBM. Dia mengimbau seluruh warga agar dalam penanganan sampah jangan dibakar.

"Alhamdulillah Kecamatan Jogonalan lolos verifikasi STBM. Khusus pengelolaan sampah agar jangan dibakar. Itu tidak boleh," pintanya.

Verifikasi STBM 5 pilar tingkat Kecamatan Jogonalan di Desa Ngering dihadiri tim verifikasi kabupaten, Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten, Puskesmas Jogonalan, 18 kepala desa di Kecamatan Jogonalan, bidan desa, kader PKK desa. (*)


TAGS: verifikasi  STBM 

SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini