Berbagi Donasi Ramadan Lewat Berbagi Satu Resep
KORANBERNAS.ID,YOGYAKARTA – Ramadan selalu menjadi bulan suci yang berkesan bagi setiap keluarga. Terlebih bagi keluarga muslim di Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.
Namun bagaimanapun hantaman pagebluk Covid-19 selama tiga tahun membuat hampir semua negara di dunia berubah. Tradisi ramadan yang riuh dengan suka cita dan khusuknya berjamaah bersama harus berubah demi kesehatan bersama. Tidak sedikit para kepala keluarga Indonesia terdampak PHK akibat pandemi.
PT Heinz ABC Indonesia, pemilik brand ABC yang dari tahun ke tahun terus menjadi bagian keluarga Indonesia dalam menjalankan ibadah puasa ramadan menghadirkan gerakan kemanusiaan dalam Ramadan yang ikonik.
"Kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memperluas semangat berbagi kebaikan dengan menginisiasikan gerakan #SatuResepSeratusKebaikan," terang Chatrin Christina, Brand Manager Easy Meals & Beverages Kraft Heinz Indonesia, Rabu (13/4/2022).
Christina melanjutkan, melalui gerakan ini ABC memberi kesempatan bagi konsumen dan masyarakat untuk berbagi resep Ramadan spesial keluarga mereka secara digital dan disaat yang sama ikut berbagi.
"Setiap satu resep akan dikonversikan menjadi 100 (seratus) paket donasi Ramadan bagi mereka yang membutuhkan," paparnya.
Paket donasi akan berisi produk-produk favorit ABC, seperti Kecap ABC, Saus Sambal ABC, dan Sarden ABC, ditambah dengan beberapa sayuran pendukung yang disertai beberapa panduan memasak.
#SatuResepSeratusKebaikan hadir dengan misi untuk membangkitkan serta memperluas momen kebersamaan dan kebaikan Ramadan yang tak terlupakan. Konsumen dapat mulai membagikan resep mereka melalui microsite www.abcindonesia.co.id/ramadan dan bergabung dalam gerakan ini mulai tanggal 31 Maret hingga 24 April 2022.
"Untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, setidaknya akan ada 20.000 paket donasi yang disalurkan selama bulan Ramadan ini. Ini merupakan jumlah terbanyak kedua se Jawa dan Bali setelah Jabodetabek," kata Dia.
Lewat gerakan #SatuResepSeratusKebaikan, ABC berkomitmen untuk menyalurkan total 120.000 paket donasi Ramadan bagi keluarga pemulung, kaum dhuafa, dan masyarakat yang membutuhkan lainnya di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.
Dalam implementasinya, tahun ini ABC melibatkan beberapa mitra kolaborasi, termasuk FoodCycle Indonesia, Sayurbox, Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), beberapa organisasi sosial kemasyarakatan serta para mitra retailer.
Cogito Ergo Sumadi Rasan, General Manager FoodCycle Indonesia, menjelaskan FoodCyle Indonesia akan menjadi mitra pelaksana dalam mengoordinasikan pendistribusian keseluruhan 120.000 paket donasi ini selama satu bulan ke-depan.
"Dalam membantu proses distribusi ini, FoodCycle Indonesia turut menggandeng 20 mitra lokal atau front line organizations, yang akan ikut mengawasi pelaksanaan di lapangan agar tepat sasaran," kata Dia.
Sebagian besar donasi akan didistribusikan bagi keluarga pemulung, sementara lainnya untuk masyarakat ekonomi rentan dan kaum dhuafa. 16.500 paket donasi akan di distribusikan di Jawa Barat, 61.500 paket di Jabodetabek, 20.000 paket di Jawa Tengah dan DIY, 18.000 paket di Jawa Timur dan 4.000 paket di wilayah Bali.
Sementara, Sr. Manager Corporate Affairs Kraft Heinz Indonesia & Papua Nugini, Andrew Hallatu mengatakan, ABC membawa misi ‘Proudly Make Delightful Food Available for Every Indonesian Family’ dan selama lebih dari 40 tahun.
"Khususnya di momen Ramadan, produk-produk ABC selalu menambah kegembiraan di tengah keluarga," lanjutnya.
Ramadan selalu erat dengan makna kebersamaan dan kebaikan, dan tahun ini kami mengajak kita semua untuk memperdalam nilai-nilai tersebut, tidak hanya bersama keluarga terdekat, namun juga menghadirkan momen spesial bagi saudara-saudari kita yang membutuhkan.
"Inilah yang membuat Ramadan menjadi momen yang semakin tak terlupakan di hati," tutupnya.(*)