Selasa, 27 Okt 2020,


atlet-dari-14-negara-ikuti-kejuaraan-dunia-tapak-suciKonferensi pers Kejuaraan Dunia Tapak Suci, Kamis (29/8/2019), di UMS. (istimewa)


sholihul

Atlet dari 14 Negara Ikuti Kejuaraan Dunia Tapak Suci


SHARE

KORANBERNAS.ID –  Sejumlah 547 atlet dari 14 negara dijadwalkan mengikuti Kejuaraan Dunia Tapak Suci (Tapak Suci World Champhionship) yang berlangsung di GOR Sritex Sukoharjo Jawa Tengah, 1-5 September 2019.

Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci, M Afnan Hadikusumo, dalam konferensi pers di Lantai VI Gedung Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis (29/8/2019), menyebutkan 14 negara itu di antaranya Aljazair, Timor Leste, Singapura, Mesir, Pakistan, Jerman.


Baca Lainnya :

Kemudian, Uganda, Maroko, Taiwan, Thailand, Sudan, Lebanon, Palestina dan Indonesia.

Khusus atlet dari Indonesia, menurut Afnan, terdapat 28 Pimpinan Wilayah yang akan mengirimkan atletnya.


Baca Lainnya :

Dia mengatakan, kejuaraan dunia ini diselenggarakan di Surakarta sekaligus sebagai rangkaian kegiatan menyongsong Muktamar Muhammadiyah 2020.

“Muktamar Insya Allah juga dilaksanakan di Surakarta,” kata Afnan, cucu dari pahlawanan nasional Ki Bagus Hadikusumo itu.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari DIY itu berharap dari kejuaraan dunia kali ini lahir atlet-atlet pencak silat berkelas dunia.

“Kita sudah tunjukkan atlet pencak silat dari Tapak Suci berhasil membawa medali emas dari Asian Games,” kata dia.

Ketua PP Muhammadiyah Bidang Organisasi dan Kaderisasi,  Dahlan Rais, menambahkan Tapak Suci semakin berkembang tidak hanya di sekolah atau pondok pesantren tetapi sudah merambah dunia internasional.

“Tapak Suci berkembang di luar negeri sampai di Eropa seperti Denmark,” katanya.

Ketua Panitia Kejuaraan Dunia Tapak Suci, Wiwaha Aji Santasa,  menjelaskan sebelum Opening Ceremony di GOR Sritex Sukoharjo Minggu (1/9/2019) dilaksanakan pendidikan karakter dan latihan bersama anggota Tapak Suci di Stadion Sriwedari.

Peserta tidak kurang 2.500 siswa anggota Tapak Suci. Dijadwalkan hadir sejumlah tokoh seperti M Afnan Hadikusumo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi, Gubernur DIY maupun Anies Baswedan.

Tema kejuaraan ini adalah Dengan Kejuaraan Dunia Tapak Suci, Kita Songsong Sukses Muktamar Muhammadiyah dan Pencak Silat Menuju Olimpiade 2020.

Kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir diambilkan dari nama tokoh pendiri Tapak Suci yaitu M Barrie Irsyad. (sol)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini