2.500 Pelajar se-Kulonprogo Mengikuti Khatmil Quran

2.500 Pelajar se-Kulonprogo Mengikuti Khatmil Quran

KORANBERNAS.ID, KULONPROGO – Sejumlah 2.500 pelajar Sekolah Dasar (SD) dan MI (Madrasah Ibtidaiyah) se-Kabupaten Kulonprogo, mengikuti Khotmil Quran yang dipusatkan di SD Negeri 3 Pengasih, Kamis (9/12/2021).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kulonprogo, Arif Prastowo, Jumat (10/12/2021) kepada koranbernas.id mengatakan, Khatmil Quran diselenggarakan serentak untuk siswa SD/MI di seluruh Kapanewon yang sudah katam 30 Juz.

“Jumlah siswa yang khatam di seluruh Kabupaten Kulonprogo sebanyak 2.500 siswa. Tujuannya untuk mengharap rida Allah SWT, membiasakan membaca Al Quran dan mewujudkan generasi Qurani,” kata Arif.

Al Quran merupakan investasi. Setiap orang tua mengharapkan bacaan Al Quran dan iringan doa dari putra-putrinya. Pihaknya ingin membentuk pribadi siswa yang berkarakter Islam.

Nilai-nilai agama perlu ditanamkan sedini mungkin. “Insya allah, kalau dasarnya sudah kuat dan ingin melangkah ke pendidikan yang lebih tinggi, tidak akan mudah terpengaruh hal-hal yang negatif," kata Arif Prastowo.

Ketua Panitia Khatmil Quran SD/MI Kapanewon Pengasih,  Suratman, mengatakan sekolah berharap siswa sudah hafal juz 30 Al Quran, setelah lulus. Dengan demikian, mereka siap dan mampu jika dibutuhkan masyarakat.

“Anak-anak termotivasi menambah hafalan surat-surat pilihan seperti surat Yasin,  Ar Rahman dan surat Al Waqiah,” kata Suratman.

Dengan Khatmil Quran yang diikuti 119 siswa se-Kapanewon Pengasih ini, anak-anak memiliki fondasi sebagai seorang muslim yang cinta Al Quran.

"Ini juga bagian dari apresiasi kepada anak-anak yang sudah membaca Quran setiap harinya. Insya Allah menjadi generasi yang jujur dan calon pemimpin yang adil," jelas Suratman. (*)