Minggu, 01 Agu 2021,


waspada-saat-berkenalan-di-media-sosialDestiya Anggoro Putri (Dok. Pribadi)


--
Waspada Saat Berkenalan di Media Sosial

Oleh: Destiya Anggoro Putri
SHARE

ZAMAN sekarang kita hidup pada era globalisasi. Era di mana kita bisa dengan mudah mengakses internet. Internet digunakan untuk banyak hal, seperti mencari suatu informasi, mencari pekerjaan dan bahkan berkenalan dengan seseorang melalui media sosial. Media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Telegram dan sebagainya, merupakan sarana berkomunikasi yang dapat menghubungkan seseorang dengan lainnya. Tidak hanya dengan teman dekat, bahkan dengan adanya media sosial kita bisa menjalin pertemanan dan berkomunikasi dengan orang yang tidak dikenal sama sekali. Baik berkenalan dengan orang yang berada di dalam negeri maupun orang yang ada di luar negeri.


Akan tetapi, jika kita pandai dalam menggunakan media sosial, maka bahaya akan mengintainya. Bagaimanapun dengan adanya media sosial, kita tidak hanya dipermudah untuk mendapatkan sesuatu. Namun terdapat pula beberapa masalah kerugian yang kita dapat jika kita tidak menggunakan internet dengan baik dan benar.  Sama halnya saat kita berkenalan dengan seseorang di media sosial. Sebaiknya kita harus bisa pintar-pintar dalam berbagi dan menerima informasi tentang data pribadi. Jangan mudah untuk langsung mempercayai apa yang dikatakan dan dijanjikan oleh orang tersebut. Karena biasanya mereka banyak yang menggunakan data diri yang tidak asli. Dalam kata lain hanya memalsukan dan berbagi informasi diri yang belum tentu benar.


Banyak kejadian yang tidak diinginkan terjadi akibat berkenalan secara online di media sosial. Kebanyakan kejadian ini dialami oleh para ABG remaja yang menjadi korban pelecehan seksual, bahkan menjadi korban penculikan dan pembunuhan yang diakibatkan oleh berkenalan di sosial media. Kebanyakan dari mereka berkenalan secara singkat dan dengan mudahnya langsung mempercayai teman online yang baru saja dikenalnya, tanpa mencari tahu informasi dan latar belakang dari orang tersebut terlebih dahulu. Bahkan bisa dengan mudahnya diajak bertemu pertama kalinya oleh teman online tanpa minta didampingi dan ditemani oleh teman maupun saudara. Para korban itu biasanya dijebak dan akhirnya tidak dapat melakukan suatu usaha untuk melindungi dirinya sendiri. Karena tidak ada yang bisa dimintai pertolongan.

Namun tak sedikit pula manfaat yang bisa kita dapatkan dari berkenalan secara online. Contohnya kita bisa mendapatkan banyak teman dari berbagai penjuru kota atau bahkan dari berbagai negara. Bisa menemui banyak teman yang mempunyai pola pikir dan teman yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap sesuatu hobi seperti contohnya sama-sama menyukai lagu yang bergenre pop. Kita juga bisa bertukar budaya yang kita miliki. Dengan cara mempelajari bahasa mereka , mengetahui budaya asal mereka dan lain-lain. Tidak sedikit pula orang bisa mendapatkan jodoh dari berkenalan secara online di sosial media. Banyak dari mereka yang bahkan sudah melakukan pernikahan.


Namun tetap saja kita kita harus pandai dalam memilih teman online yang kita temui di media sosial. Berikut beberapa tips pencegahan yang bisa kita lakukan saat berkenalan secara online dengan aman:

  1. Memperhatikan postingannya.

​​​​​​​Untuk mengetahui sedikit sikap dan kepribadian orang yang kita temui secara online, bisa dilakukan dengan cara melihat dan skimming postingan dan aktivitasnya di media sosial tersebut.

  1. Menahan diri agar tidak memberikan informasi dengan mudah dan terlalu banyak.

Hal ini cukup simpel, namun terkadang kita sulit untuk menahan diri untuk bercerita, apalagi jika obrolannya sudah mulai seru. Hindari memberikan informasi data diri secara detail karena bisa dengan mudah disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  1. Hindari memberikan atau mengupload sesuatu yang mengandung informasi data personal

​​​​​​​Terkadang kita bisa dengan mudahnya membagikan informasi diri kepada orang lain tanpa kita sadari. Contohnya kita foto di depan rumah yang kelihatan nomer rumah dan lingkungan sekitarnya. Selain itu contoh kita berfoto di depan kendaraan yang terlihat jelas plat nomernya. Oleh karena itu kita harus lebih memperhatikannya lagi.

  1. Mengganti password akun media sosial kita secara rutin.

Kita tidak tahu jika akan ada orang yang mencoba untuk meretas akun kita. Maka dari itu dengan mengganti password akan menjadi suatu langkah pencegahan keamanan akun kita.

  1. Jika akan bertemu untuk pertama kalinya lebih baik di tempat umum yang ramai.

Jika sudah yakin dengan orang tersebut, ada baiknya kita mencari data informasi dunia nyata orang tersebut terlebih dahulu. Dan jika mempunyai rencana untuk ketemuan pertama kali, lebih baik dilakukan di tempat umum yang ramai dan tidak ada salahnya untuk mengajak teman atau saudara untuk menjaga keamanan agar lebih tenang saat ketemuan.

Dengan melakukan tips-tips tersebut, kita bisa mencegah hal-hal negatif yang akan terjadi saat berkenalan di media sosial. Karena pada dasarnya berkenalan di sosial media memiliki hal negatif yang akan terjadi, jika kita tidak pandai menyaring dan memilih orang saat berkenalan di media sosial. Namun berkenalan secara online di sosial media  juga mempunyai banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika pandai memilih dan menerima informasi yang diberikan oleh orang tersebut. Kita boleh berkenalan dengan siapapun dan darimana kita bertemu dangan mereka. Namun kita haruslah tetap berhati-hati dalam memilih teman dan jangan mudah untuk mempercayai orang yang kita belum kenal secara pasti. *

Destiya Anggoro Putri

Mahasiswi PBI UAD

 



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini