Kamis, 21 Okt 2021,


mahasiswa-kkn-ugm-mengajak-warga-kec-hawu-mehara-ntt-bangkit-dari-bencana-topan-serojaModel tutorial yang disiapkan mahasiswa KKN UGM. (Istimewa).


Siaran Pers
Mahasiswa KKN UGM Mengajak Warga Kec. Hawu Mehara, NTT Bangkit dari Bencana Topan Seroja

SHARE

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA – Mahasiswa UGM yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi NTT mengajak masyarakat setempat untuk bangkit dari penderitaan setelah Topan Seroja menerjang wilayah itu pada bulan April 2021 lalu. Upaya tersebut dilakukan oleh para mahasiswa dengan memberikan berbagai pelatihan kegiatan ekonomi produktif, meskipun hanya bisa dilakukan secara daring (dalam jaringan).


Dosen pembimbing KKN, Dr. Widya Nayati, M.A. dalam keterangannya kepada koranbernas.id Minggu (22/8/2021) menjelaskan, salah satu kegiatan KKN yang dilakukan untuk mengurangi risiko bencana adalah tutorial tentang healing untuk mengurangi stress akibat bencana tersebut.  Berbagai permainan sederhana juga diajarkan melaui booklet—seperti  gambar berantai, gumpal tangan, dan peraga kata.  “Selain itu, dilakukan pula ajakan untuk mempersiapkan barang-barang dasar (survival kits)  di tiap-tiap rumah. Hal ini perlu dilakukan karena wilayah Sabu Raijua sering mengalami bencana angin, baik berkecepatan tinggi hingga topan seperti beberapa saat lalu,” ujar Widya yang kini juga menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Wanita UGM.


Untuk bangkit, kata Widya, anak-anak juga diajak beraktivitas dengan berbagai cara. Wilayah ini diajak untuk menata kampungnya menjadi kampung ramah anak. Konsep penataan tinggal diaplikasikan . pengaplikasian bukan hanya menyediakan sarana, akan tetapi para remaja dan orang tua diajak berpartisipasi agar peraga yang ada aman digunakan. “Tentunya, masalah bullying dan kekerasan pun dikenalkan sebagai pengetahuan dasar, agar semua pihak sadar pentingnya menjaga kehidupan yang sejajar dan adil sejahtera lahir-batin,” terang dosen jurusan Arkeologi, FIB ini.

Ia menambahkan, “Mahasiswa KKN UGM secara penuh mengajak dan mengenalkan berbagai cara mengembangkan diri. Bangkit dari Bencana Topan Seroja di masa Pandemi Covid 19 memang berat.  Namun, dengan berbagai cara, UGM mencoba memberikan solusi bagi masyarakat Hawu Mehara, Kab Saubu Raijua NTT.  Dengan KKN ini, UGM mencurahkan pikiran untuk kebangkitan Hawu Mehara menuju wilayah mandiri dan produktif”. **




SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini