HUT ke-268 Kota Jogja, Inilah Deretan Brand Lokal yang Direkomendasikan Tokopedia dan ShopTokopedia
Ada jutaan penjual, termasuk brand dari Kota Yogyakarta, di platform Tokopedia dan ShopTokopedia.
KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA--Pada Hari Ulang Tahun HUT ke-268 Kota Yogyakarta, Senin (7/10/2024), Tokopedia dan ShopTokopedia mengajak masyarakat makin bangga menggunakan produk dari brand lokal, khususnya UMKM. Kampanye ini dilakukan dengan membagikan rekomendasi brand asal Kota Yogyakarta. Aneka produk dari ragam kategori bisa ditemukan lebih mudah lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia maupun ShopTokopedia.
“Ada jutaan penjual, termasuk brand dari Kota Yogyakarta, di platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Masyarakat bisa lebih mudah menemukan dan menggunakan produk dari brand lokal, lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia. Beli Lokal juga bertujuan meningkatkan awareness dan penjualan brand lokal di berbagai wilayah di Indonesia termasuk Kota Yogyakarta,” kata Communications Senior Lead Tokopedia and TikTok E-commerce, Antonia Adega dalam siaran persnya, Senin (7/10/2024).
Antonia mengatakan, tren beli produk dari brand lokal lewat Tokopedia dan ShopTokopedia mengalami kenaikan.
“Beli Lokal merupakan inisiatif kolaboratif kami dengan pemerintah sejak akhir tahun 2023 silam. Sejalan dengan tema HUT ke-268 Kota Yogyakarta, yaitu Rikat, Rakit, dan Raket, Beli Lokal diharapkan bisa mendukung brand lokal Yogyakarta untuk selalu bergerak dan bekerja cepat (rikat), berkontribusi dalam proses saling melengkapi dan menyempurnakan (rakit) ekosistem UMKM berbasis digital serta dalam kebersamaan yang saling mendukung (raket) lewat beragam kolaborasi,” jelas Antonia.
Pada skala nasional, kampanye Beli Lokal di Tokopedia membuat sejumlah produk, seperti popok, hampers, dan aksesoris kamera, mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi dengan rata-rata hampir 9 kali lipat pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2023.
Di sisi lain, lewat Beli Lokal di ShopTokopedia, sejumlah produk, seperti parfum, deodoran, dan hijab, mengalami peningkatan tertinggi jumlah transaksi dengan rata-rata lebih dari 3,5 kali lipat pada periode Maret-Mei 2024 dibandingkan Maret-Mei 2023.
Dikatakan, animo warga Kota Yogyakarta dalam belanja online cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Di Kota Jogja, sejumlah produk seperti hampers makanan, fashion muslim serta make up, mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi melalui Tokopedia dengan rata-rata hampir 2 kali lipat pada semester I 2024 dibandingkan semester II 2023.
Produk kebutuhan, mulai dari kategori kecantikan dan perawatan tubuh, makanan dan minuman, fashion, rumah tangga dan masih banyak lagi, bisa ditemukan dari brand lokal asal Yogyakarta di Tokopedia maupun ShopTokopedia.
"Kota Yogyakarta patut berbangga karena memiliki brand lokal yang bergerak di berbagai industri. Tokopedia dan ShopTokopedia pun akan terus membantu tumbuh kembang merek-merek besutan pelaku usaha di Kota Yogyakarta khususnya UMKM, agar produk mereka makin menjadi pilihan masyarakat, dan ekonomi lokal makin hidup, dengan mengupayakan sejumlah inisiatif salah satunya Beli Lokal,” kata Antonia.
Di antara merek lokal Jogja yang banyak dicari, kata Antonea, adalah produk yang bikin kulit glowing, seperti cleanser, serum, moisturizer, dan parfum dari Skinouru dan Real White yang menyediakan produk perawatan wajah, misalnya toner, serum, lotion, dan masih banyak lagi.
Kemudian ada camilan seperti Bakpia 25 dan Chocolate Monggo yang bisa dikemas menjadi hampers untuk momen-momen spesial.
Untuk produk fashion, sejumlah brand lokal Jogja di antaranya Artine Kain, yang setiap produknya memiliki makna khusus. Misalnya, outer bermotif Sidomukti yang melambangkan doa terbaik bagi metamorfosa menjadi pribadi yang lebih baik. Kemudian ada produk tas yang beragam mulai dari tas selempang, hand bag, tote bag, ransel, dan masih banyak lagi dari Revele Leather.
Sedangkan untuk produk dekorasi, muncul brand Dekayu yang menawarkan produk dekorasi rumah, alat makan, bahkan hampers, dari kayu dan serat alam lainnya, sehingga bisa memberikan nuansa alami di rumah. (*)