Kamis, 26 Mei 2022,


hujan-lebat-plus-angin-kencang-guncang-kebumen-sebabkan-longsor-dan-pohon-tumbang-Hujan deras disertai angin kencang sejak Kamis (20/1/2022) siang, di Kebumen menyebabkan terjadinya bencana tanah longsor atau pohon tumbang di sejumlah titik. (istimewa)


Nanang W Hartono
Hujan Lebat Plus Angin Kencang Guncang Kebumen Sebabkan Longsor dan Pohon Tumbang

SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Hujan lebat yang terjadi sejak Kamis (21/1/2022) hingga Jumat (22/1/2022) dini hari, di Kabupaten Kebumen, mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang. Setidaknya lima bangunan rusak, karena tertimpa pohon dan longsoran tanah.


Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen Drs Munadi MSi, kepada koranbernas.id, Jumat (21/1/2022) siang, menjelaskan, pohon tumbang terjadi di Desa Grogol Penatus, Kecamatan Petanahan, Kamis (21/1/2022) malam. Korban Mughozin menderita kerugian Rp 2 juta karena rusaknya sebagian atap rumahnya.


Pohon beringin tumbang, terjadi si Desa Bumirejo, Kecamatan Kebumen, Jumat siang. Pohon tumbang dan melintang di jalan penghubung Desa Bumirejo dan Desa Gemeksekti. Pohon beringan tumbang, juga merusak pagar SMA PGRI Kebumen.

“Namun, kedua kejadian sudah ditangani," kata Munadi menyebabkan longsor.


AKP Tugiman selaku Kasi Humas Polres Kebumen menjelaskan, tanah longsor terjadi di Dusun Kaligending, Desa Argosari, Kecamatan Ayah pada Kamis malam. Longsoran tanah menimbun teras rumah Trimo.

"Tanah longsor terjadi pada hari Kamis sekitar pukul 22:30 WIB," kata AKP Tugiman, Kasi Humas Polres Kebumen.

Pemilik rumah mendengar suara gemuruh, setelah talud yang berada disebelah teras rumahnya longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kejadian itu, longsoran tanah menutup jalan di samping rumah Trimo . Hari Jumat, tanah longsoran sudah disingkirkan warga bersama dengan anggota Polsek Ayah dan Koramil Ayah.

Korban Trimo mengalami kerugian material kurang lebih Rp 22 juta, karena talud mengalami kerusakan cukup parah.

Waktu yang hampir bersamaan, pohon tumbang menimpa Teguh (37) warga Desa Mrentul, Kecamatan Bonorowo, Jumat dini hari sekitar Pukul 03:30 WIB.

Pohon berukuran lumayan besar tersebut menimpa rumah bagian belakang yang menyebabkan atap rumahnya rusak. Polres Kebumen mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Hujan lebat berpotensi menyebabkan bencana alam serta pohon tumbang. (*)

 



SHARE
'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini