Dikenal Tangguh dan Irit, Optimis Penjualan Daihatsu Kembali Terkerek
KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA—Pasca Pandemi Covid-19, kondisi perekonomian belum sepenuhnya membaik. Hingga 2023 lalu, penjualan mobil secara mengalami penurunan, baik secara nasional ataupun di daerah, termasuk Yogyakarta.
Kepala Cabang Astra Daihatsu Sleman Maguwo, Satrio Dirgantoro mengakui, penjualan otomotif hingga sekarang belum sepenuhnya pulih seperti kondisi pasar sebelum pandemi.
Penjualan mobil secara keseluruhan di DIY untuk Tahun 2022, kata Satrio menembus angka 11.739 unit. Angka ini mengalami kenaikan menjadi 12.627 unit di Tahun 2023. Sedangkan di Tahun 2024, hingga Agustus lalu penjualan mobil di DIY mencapai 7.953 unit.
“Sudah ada tren pemulihan. Kita berharap, di semester kedua 2024 akan semakin meningkat,” katanya.
Sebagai produsen mobil untuk segmen compact car terbesar, Daihatsu kata Satrio, fokus dengan produk-produk yang dikenal tangguh dan irit. Dua hal ini menjadikan Daihatsu sebagai salah satu merek mobil yang terus dicari konsumen, baik untuk kendaraan penumpang maupun kendaraan penunjang usaha.
“Selain tangguh dan irit perawatan maupun bahan bakar, kami juga kompetitif dalam harga, sebab pasar kami ada di kelas menengah bawah,” katanya.
Keunggulan Daihatsu
Haris Widiyanto Supervisor Astra Daihatsu Jogja Jl Mataram menjelaskan, Daihatsu secara umum memiliki 6 keunggulan dibandingkan merek lain. Yang pertama adalah harga yang kompetitif atau lebih terjangkau.
Kemudian keunggulan selanjutnya adalah ramah lingkungan. Haris menjelaskan, Daihatsu memiliki lini produk LCGC yakni Ayla untuk 5 seater dan Sigra untuk 7 seater. Ayla dan Sigra, mengadopsi kandungan lokal sudah 80 persen, sehingga lebih efisien dan ramah lingkungan.
Keunggulan ketiga adalah irit bahan bakar. Haris menyatakan, kapasitas mesin dari lini produk Daihatsu, yang terbesar di 1500 CC. Dengan teknologi mesin yang dual VVTI, maka Daihatsu menjawab kebutuhan akan mobil yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar, tapi tangguh.
“Keunggulan lainnya, nilai jual kembali produk kami masih tetap tinggi, serta didukung jaringan after sales service yang luas dan merata. Secara nasional, kami memiliki 279 outlet didukung 174 bengkel resmi. Selain itu, kami juga mengoperasikan 293 Daihatsu Mobile Servies (DMS), yang siap melayani customer di rumah mereka, atau di tempat kerja. Layanan kami bisa menjangkau kota, kabupaten, kecamatan ataupun customer yang kesulitan datang ke bengkel resmi, dengan tanpa biaya tambahan. Jadi customer tidak perlu meninggalkan pekerjaan untuk servis misalnya. Jadi gak ada cerita pemakai Daihatsu kesulitan mendapatkan layanan servis,” katanya.
Kepala Bengkel Astra Daihatsu Jogja Jalan Magelang, Andi Widiastono menambahkan, untuk jaringan servis di DIY Daihatsu memiliki dua bengkel induk di Daihatsu Jalan Magelang dan di Maguwo. Melalui dua bengkel induk ini, Daihatsu memberikan layanan home servis dengan didukung 4 armada.
Sedangkan layanan home servis atau DMS ini melayani seluruh area DIY.
“Ada satu DMS kami di Kebumen. November 2024, kami akan menambah 2 unit DMS lagi. Dengan tambahan ini akan bisa mengcover setiap kabupaten di DIY. Ini bagian dari upaya kami memastikan jaringan layanan servis kami menjangkau seluruh wilayah DIY,” kata Andi.
Untuk bengkel body repair, saat ini masih dilayani dari Bengkel Induk Daihatsu Jalan Magelang, yang memiliki kapasitas 10 stall. Namun tahun depan, kapasitas akan ditambah sebanyak 4 hingga 6 stall.
“Kami tidak hanya melayani mobil Daihatsu, tapi all brand,” kata Andi menjelaskan sembari menjelaskan saat ini Daihatsu sudah meluncurkan DaihatsuKu yang membuat semua jenis layanan berada di genggaman customer. Mulai dari layanan informasi test drive, simulasi kredit hingga booking service.
Promo dan Undian Berhadiah
Sebagai bentuk layanan bagi customer, Daihatsu Jogja kata Andi juga memberikan banyak promo dan undian berhadiah. Hingga November 2024, pihaknya memberikan program hadiah mobil dengan tema “Gebyar Service Berhadiah”.