Kamis, 29 Jul 2021,


di-purbayan-tni-membangun-jalan-sepanjang-800-meterSuasana TMND Sengkuyung II di Desa Purbayan, Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. (istimewa)


Wahyu Nur Asmani EW
Di Purbayan, TNI Membangun Jalan Sepanjang 800 Meter

SHARE

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO--Kodim 0708 Purworejo menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 di Desa Purbayan Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini secara resmi dibuka Asisten III Setda Purworejo Bidang Administrasi dan Kesra, Pram Prasetyo Achmad, di Pendopo Kabupaten Purworejo, Selasa (15/06/2021).


Pembukaan ditandai dengan penandatangan berita acara oleh Asisten III dengan Dandim 0708 Purworejo Letkol Infanteri Lukman Hakim. Program TMMD yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia ini, bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan fisik dan non fisik.


Asisten III Setda Purworejo Pram Prasetyo Achmad yang membacakan sambutan Bupati Purworejo mengatakan, kegiatan TMMD yang dilaksanakan rutin setiap tahun, telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta sejalan dengan upaya pemerintah dalam percepatan dan pemerataan pembangunan. Di samping itu, TMMD merupakan program yang sinergis antara pemerintah pusat maupun daerah.

“Meskipun saat ini kita masih menghadapi pandemi Covid-19, program ini bisa dijadikan wahana sosialisasi kepada masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan serta program vaksinasi masal Covid-19,” ungkapnya.


Lebih lanjut, Pram Prasetyo Achmad berpesan kepada warga agar berpartisipasi aktif dan mendukung sepenuhnya, sehingga tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal serta hasilnya dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

“Semoga kegiatan TMMD ini dapat berjalan dengan lancar sehingga hasilnya dapat benar-benar maksimal dalam kerangka mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim menyampaikan, Purbayan yang saat ini menjadi sasaran lokasi TMMD merupakan daerah yang terisolir dengan jalan tanah yang sulit dilewati. Sehingga masyarakat sangat terbantu. Ini terbukti antusias mereka yang semangat menyambut program ini.

“Kegiatan TMMD dilaksanakan selama 30 hari dengan sasaran fisik pembuatan cor blok dengan panjang 800 meter, lebar 2,5 meter dan tinggi 0,12 meter. Pembuatan gorong-gorong 3 unit dengan panjang 7 meter, lebar 0,60 meter dan tinggi 0,60 meter, serta sasaran tambahan pemasangan keramik dinding masjid Baitul Rahim,” jelasnya.

Kasi Pers Korem 072 Pamungkas Kolonel CAJ Yohanes Yudy Catur yang hadir dalam kegiatan ini menuturkan, dengan adanya kegiatan TMMD di wilayah Kabupaten Purworejo salah satu fungsi TNI di tengah masyarakat untuk mengatasi kesulitan rakyat bisa tersampaikan, karena fungsi territorial salah satunya adalah membantu kesulitan rakyat di sekelilingnya.

“Semoga dengan kegiatan TMMD ini bisa membantu masyarakat khususnya transportasi, sehingga tidak ada daerah yang terisolir. Keberadaan TNI di tengah masyarakat, mempunyai peran yang sangat penting khususnya persatuan dan kesatuan,”pungkasnya. (*)

 

 



SHARE



'

BERITA TERKAIT


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini