atas1

Rela Antre dan Jauh Demi Sekolah Favorit

Selasa, 25 Jun 2019 | 18:58:13 WIB, Dilihat 267 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Rela Antre dan Jauh Demi Sekolah Favorit Calon peserta didik baru SMA Negeri Karanganom saat antre membuat akun dan password di ruang laboratorium sekolah tersebut. (Masal Gurusinga/koranbernas.id)

Baca Juga : Kelelahan di Jalan, Pasangan Difabel Ditolong TNI


“Anak saya pengin sekolah di sini. Jauh dari rumah tidak apa-apa. Mudah-mudahan saja besok bisa diterima di SMA Negeri Karanganom seperti yang diinginkan,” kata Suyata, warga Jatinom Klaten saat ditemui di SMA Negeri Karanganom, Selasa (25/6/2019) pagi

Suyata hadir di SMA Negeri Karanganom mendampingi sang anak, Dwi Arumsari, untuk melakukan verifikasi berkas dalam tahapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA Negeri tahun pelajaran 2019/2020.

Kepada koranbernas.id, Suyata yang bertugas di Dodiklatpur Kodam IV/Diponegoro Klaten itu menceritakan Dwi Arumsari lulusan MTsN 7 Klaten yang beralamat di Desa Krajan Kecamatan Jatinom.

Saat ditanya mengapa tidak mendaftar di SMA Negeri Jatinom yang lokasinya berdekatan dengan rumah, Suyata menjawab karena sang anak ingin sekolah di SMA Negeri Karanganom.

Senada dikemukakan Pandu, lulusan SMP Negeri Ceper. Didampingi ayahnya, dia mengaku memilih melanjutkan studi di SMA Negeri Karanganon karena kakaknya juga sekolah di SMA Karanganom. Padahal di sekitar tempat tinggalnya ada SMA Negeri Ceper.

Calon peserta didik baru lainnya mengaku memilih mendaftar di SMA Negeri Karanganom karena kualitasnya di atas sekolah negeri yang ada di sekitarnya.

“Pilihan pertama tetap mendaftar di sini (SMA Negeri Karanganom). Soalnya lebih favorit,” terang Indah, calon peserta didik baru yang mengaku tinggal di wilayah Kecamatan Tulung.

Pengakuan para calon peserta didik baru tersebut mungkin ada benarnya. Sebab pada hari pertama verifikasi berkas pada Senin (24/6/2019), ada 320 calon peserta didik baru yang melakukan verifikasi. Hari kedua Selasa (25/6/2019) menjelang siang hari, ada 200 yang melakukan verifikasi.

Padahal proses verifikasi berkas berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 421/0163 tanggal 18 Juni 2019 tentang Petunjuk Tehnis Penyelenggara Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019/2020 untuk SMA Negeri, setiap hari Senin hingga Jumat tanggal 24 hingga 28 Juni 2019.

Sedangkan 3 jalur PPDB online SMA Negeri di Jawa Tengah tahun pelajaran 2019/2020 meliputi Jalur Prestasi 5 persen (maksimum), Jalur Zonasi 90 persen minimal (70 persen jarak dan 20 persen prestasi) dan Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua 5 persen maksimal.

Ketua Panitia PPDB SMA Negeri Karanganom Agus Purwanto mengatakan untuk kelancaran proses verifikasi betkas pihaknya telah mempersiapkan 9 ruang kelas. Selain itu pihak panitia juga menyediakan map gratis agar bisa seragam.

“Nanti akan ada yang memandu. Setelah berkas dinyatakan lengkap maka calon pesetta didik akan mendapat nomor antrean untuk membuat akun dan password di ruang laboratorium.

Setelah mendapatkan akun dan password maka tanggal 1 hingga 5 Juli bisa mendaftar secara online. Bisa dari rumah jika sudah punya jaringan internet atau ke sekolah langsung,” ujar Agus.

Seperti tahun sebelumnya, SMA Negeri Karanganom memiliki daya tampung 11 kelas atau 396 siswa baru dengan rincian IPA 7 kelas, IPS 3 kelas dan Bahasa 1 kelas.

Banyaknya calon peserta didik baru melakukan verifikasi berkas di SMA Negeri tavorit juga terjadi di SMA Negeri Cawas. Sejak hari pertama proses verifikasi berkas pada Senin (24/6) juga dipenuhi lulusan SMP.

Pemandangan berbeda terjadi di SMA Negeri Polanharjo dan SMA Negeri Jatinom. Sejak hari pertama dan hari kedua verifikasi ternyata masih sepi peminat.

Kepala SMA Negeri Polanharjo, Suwardi saat dikonfirmasi menjawab tidak tahu penyebab sepinya calon peserta didik baru yang melakukan verifikasi berkas di sekolah yang dia pimpin. (SM)



Selasa, 25 Jun 2019, 18:58:13 WIB Oleh : Redaktur 4327 View
Kelelahan di Jalan, Pasangan Difabel Ditolong TNI
Senin, 24 Jun 2019, 18:58:13 WIB Oleh : Redaktur 230 View
Porsema Banyumas Siap Harumkan NU
Senin, 24 Jun 2019, 18:58:13 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 307 View
Sultan Tolak Terapkan Aturan Zonasi 15 Persen

Tuliskan Komentar