atas1

Kematian Bayi Tinggi, Puskesmas Pringsurat Berubah

Rabu, 11 Sep 2019 | 16:33:50 WIB, Dilihat 85 Kali - Oleh Endri Yarsana

SHARE


Kematian Bayi Tinggi, Puskesmas Pringsurat  Berubah Hary Agung Prabowo meresmikan Puskesmas Ramah Anak di Puskesmas Pringsurat. (Endri Yarsana/koranbernas.id)

Baca Juga : Pembatasan Produksi Sigaret Matikan Produsen Kretek Tangan


KORANBERNAS.ID--Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung, Hary Agung Prabowo meresmikan Puskesmas Ramah Anak di Puskesmas Pringsurat, Kecamatan Pringsurat.

Puskesmas Ramah Anak ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan fasilitas kesehatan pada pasien khusus anak-anak, dan mendukung tumbuh kembang anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Suparjo, ketika ditemui dsela-sela acara tersebut, Rabu (11/92019) mengatakan, pencetusan Puskesmas Ramah Anak di Kecamatan Pringsurat, karena dua tahun terakhir ini angka kematian bayi dan anak di Kecamatan Pringsurat cukup tinggi.

Dengan adanya puskesmas ini, diharapkan angka kematian bayi semakin berkurang

Dikatakan, Puskesmas Pringsurat ini merupakan puskesmas ke-17 yang mendapatkan predikat Puskesmas Ramah Anak. Di Kabupaten Temanggung, masih kurang 9 puskesmas lagi.

“Harapannya, tahun depan semua puskesmas di Kabupaten Temanggung akan menjadi puskesmas yang ramah anak,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam memberikan pelayanan kesehatan, puskesmas harus meliputi semua segmen umur. Dari bayi hingga lansia. Maka, keberadaan puskesmas ramah anak sebagai program pendukung yang memberikan kenyamanan bagi pasien anak.

Dikatakan, untuk mendapat predikat sebagai Puskesmas Ramah Anak, harus memenuhi beberapa komponen. Di antaranya adalah masalah keamanan bagi anak-anak, adanya ruang laktasi, tersedianya cakupan-cakupan pelayanan kesehatan anak, memiliki ruang bermain yang aman, dan adanya jaminan tenaga medis yang mumpuni.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Pejabat Sekretaris Daerah setempat Hary Agung Prabowo, bupati berpesan agar menjaga fasilitas untuk anak-anak dengan baik. Agar anak-anak merasa tidak takut ketika akan ke puskesmas.

Selain itu, pelayanan kesehatan untuk anak-anak juga harus memadahi, kebutuhan gizi harus diperhatikan dengan baik dan harus adanya tenaga medis yang menangani khusus bidang kesehatan anak dan balita.

Selain penyerahan SK Bupati sebagai Puskesmas Ramah Anak, sekaligus juga dilakukan peresmian dengan pemotongan tumpeng dan pemotongan pita gedung rawat inap dan gedung imunisasi milik Puskesmas Pringsurat. (SM)



Rabu, 11 Sep 2019, 16:33:50 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 111 View
Pembatasan Produksi Sigaret Matikan Produsen Kretek Tangan
Rabu, 11 Sep 2019, 16:33:50 WIB Oleh : Yvesta Putu Sastrosoendjojo 105 View
Meriahkan Haornas dengan Jalan Santai Sembari Ambil Sampah
Rabu, 11 Sep 2019, 16:33:50 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 111 View
Dekan FH PTM Tolak Revisi UU KPK

Tuliskan Komentar