atas1

Catat, Ini Manfaat Berkhitan yang Wajib Dilakukan

Kamis, 26 Des 2019 | 16:12:23 WIB, Dilihat 203 Kali
Penulis : Yvesta Putu Sastrosoendjojo
Redaktur

SHARE


Catat, Ini Manfaat Berkhitan yang Wajib Dilakukan Khitanan Ceria bagi 75 anak yatim dhuafa di Klinik Pratama, Sosromiharjo, Krasakan, Lumbungrejo, Sleman, Selasa (24/12/2019). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Tampil Lebih Segar, Ada Alpukat Kendil di Super Indo Sonosewu


KORANBERNAS.ID, SLEMAN — Khitan atau sunat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan anak laki-laki, sebagai salah satu media untuk mensucikan diri dan bukti ketundukan seseorang atas perintah Allah. Khitan juga bermanfaat bagi kesehatan.

“Khitan berfungsi menjaga kebersihan, mencegah infeksi, inflamasi, dan kanker," ungkap Rina Ekawati, Kepala Perwakilan Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) Yogyakarta, di sela acara Khitanan Ceria bagi 75 anak yatim dhuafa di Klinik Pratama, Sosromiharjo, Krasakan, Lumbungrejo, Sleman, Selasa (24/12/2019).

Dengan sunat, maka risiko infeksi penyakit seksual menular seperti human papilloma virus (HPV) dan penyakit seksual menular seperti herpes atau sifilis bisa diminimalisir. Sunat juga dapat mencegah terjadinya penyakit pada alat kelamin pria.

Selain itu mengurangi risiko infeksi saluran kemih yang dapat merujuk kepada masalah ginjal. Infeksi ini umumnya lebih sering terjadi pada orang yang tidak menjalani sunat.

Sunat pun dapat mengurangi risiko kanker penis, bahkan risiko kanker serviks pada pasangan. Risiko kanker serviks menurun pada wanita yang pasangannya telah menjalani prosedur sirkumsisi.

"Dari sisi agama, khitan juga menjadi salah satu kewajiban menjalankan perintah agama. Melalui khitan, anak-anak yang berasal dari yatim piatu, dhuafa, dan santri agar dapat menjalankan perintah agama tanpa dibebani dengan biaya khitan," jelasnya.

Sementara Maulana Adnan, Bendahara Yayasan Bakrie Amanah, mengungkapkan khitanan massal di DIY ini acara kesembilan dari rangkaian di 11 kota di Indonesia. "Kegiatan ini menggambarkan kebermanfaatan individu dan gerakan kolaborasi kebaikan," ujarnya. (eru)



Kamis, 26 Des 2019, 16:12:23 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 284 View
Tampil Lebih Segar, Ada Alpukat Kendil di Super Indo Sonosewu
Kamis, 26 Des 2019, 16:12:23 WIB Oleh : Sari Wijaya 255 View
Jangan Bentak Balita, Syaraf Otaknya Bisa Rusak
Kamis, 26 Des 2019, 16:12:23 WIB Oleh : Sholihul Hadi 696 View
Dari Ember Hitam Terlihat Matahari Melengkung Seperti Buah Pisang

Tuliskan Komentar