baznas-kebumen-salurkan-bea-siswa-senilai-rp-1564000000Sebagian penerima bea siswa Baznas Kebumen, perwakilan 5 kelompok penerima. (istimewa)


Nanang WH

Baznas Kebumen Salurkan Bea Siswa Senilai Rp 1.564.000.000


SHARE

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kebumen hari Kamis (6/8/2020) menyalurkan bea siswa kepada 244 orang ashnaf (orang yang berhak). Nilai bea siswa mencapai Rp 1,564 miliar atau naik lebih dari Rp 250 juta dibanding beasiswa yang disalurkan pada tahun 2019. Bea siswa diserahkan Ketua Baznas Kebumen, drh H Djatmiko, kepada perwakilan penerima.


Baca Lainnya :

“Penyaluran bea siswa menerapkan protokol kesehatan, menghindari berkerumun,“ kata Ir HM Sahli, Wakil Ketua Baznas Kebumen, kepada koranbernas.id, Kamis (6/8/2020).

Karena itu, penyerahan bea siswa dalam bentuk buku tabungan bank perkreditan rakyat di Kebumen tersebut dilakukan terjadwal. Sehingga tidak terjadi kerumuman penerima bea siswa.


Baca Lainnya :

Penerima bea siswa ada 5 kelompok, yakni jalur miskin yang masih sekolah di SMP/MTs, SMA/SMK dan MA sebanyak 147 siswa, dengan nilai bea siswa Rp 735 juta. Besar bea siswa Rp 5 juta sekali selama sekolah di jenjang yang sama. Jalur miskin lulusan SMTA  yang melanjutkan ke perguruan tinggi strata 1 sebanyak 45 orang dengan nilai Rp 450 juta. Setiap mahasiswa menerima Rp 10 juta untuk keperluan selama kuliah.

Kelompok penerima kuliah strata 1 mulai semester 2 ada 10 orang mahasiswa dengan nilai Rp 80 juta. Jalur tahfidz/peserta siswa atau santri yang menghafal Al Quran minimal 5 juz di sekolah formal atau non-formal sebanyak 24 orang dengan nilai Rp 144 juta. Serta jalur Kader Dakwah yang mengajar di TPQ paling singkat 3 tahun diberikan kepada 17 orang dengan nilai Rp  155 juta.

Menurut HM Sahli, proses penerimaan bea siswa berdasarkan usulan dari Unit Pengumpul Zakat  (UPZ) sekolah dan UPZ desa. Berdasarkan usulan pendaftaran dari UPZ, Baznas Kebumen melakukan seleksi dan verifikasi terhadap calon penerima. Sehingga semua penerima telah memenuhi syarat sebagai ashnaf/yang berhak menerima bea siswa dari Baznas. (eru)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini