1.425 Mahasiswa UAD Diwisuda Secara Langsung

1.425 Mahasiswa UAD Diwisuda Secara Langsung

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 1.452 Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) diwisuda, Sabtu (28/1/2023), di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta. Wisuda ini pertama kalinya dilakukan secara langsung seiring berakhirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Mereka terdiri atas 1.362 wisudawan S1 dan tercatat 90 wisudawan Magister. Pada periode Januari 2023 ini pula, UAD mewisuda 62 wisudawan secara daring.

Rangkaian acara dilangsungkan secara khidmat dengan dipimpin Rektor dan Senat UAD. Sementara untuk prosesi wisuda dilakukan oleh masing-masing dekan dan wakil dekan dari tiap fakultas.

"Hari ini merupakan pertama kali sejak pandemi karena sebelumnya digelar secara terbatas,” kata Muchlas, Rektor UAD, pada Sabtu (28/1/2023).

Meski digelar secara tatap muka, akan tetapi kampusnya tetap membuka layanan wisuda secara daring. Tercatat ada 62 orang yang mengikuti wisuda daring dengan berbagai pertimbangan. “Sebanyak 62 orang ini memang memilih metode daring mengikuti wisuda,” katanya.

Sebelumnya, gladi bersih wisudawan telah dilaksanakan 26 Januari 2023 untuk wisudawan daring dan 27 Januari 2023 untuk wisudawan luring. Selain itu, para calon wisudawan juga melakukan serangkaian persiapan seperti pengambilan toga yang bertempat di Kampus IV UAD.

Thalia Zal Shabylla, salah seorang wisudawan terbaik dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika, memimpin pembacaan prasetya alumni. Sedangkan sambutan wakil wisudawan terbaik, direpresentasikan oleh Normilina Febriani dari Prodi Kesehatan Masyarakat.

Selain pidato rektor, Prof drh Aris Junaidi Ph D selaku Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V dan Prof Dr HM Noor Rochman Hadjam SU Psikolog dari Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah juga menyampaikan sambutannya dalam rangkaian acara kali ini. (*)