1.148 Pelaku UMKM Kebumen Divaksin Moderna

1.148 Pelaku UMKM Kebumen Divaksin Moderna

KORANBERNAS.ID, KEBUMEN -- Sebanyak 1.148 orang pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) di Kabupaten Kebumen telah divaksin dengan vaksin Moderna. Vaksinasi diselenggarakan, Rabu (25/8/2021) pagi, oleh  Polres Kebumen, Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Dinas Tenaga Kerja dan UKM Kebumen.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan vaksinasi untuk pelaku UMKM agar ekonomi kerakyataan terus membaik.

"Hari ini, Alhamdulillah dilaksanakan (penyuntikan) 1.500 dosis vaksin untuk para pelaku UMKM. Kita tahu di Kebumen ini memiliki banyak UMKM sebagai motor penggerak ekonomi rakyat," kata Arif Sugiyanto.

Arif pun meyakini, jika pelaku UMKM sehat, ekonomi dapat cepat pulih. Pelaku UMKM ini mendapat vaksin Moderna untuk tahap pertama dari Polres Kebumen. Sesuai pemberian dari pusat, vaksinasi di Kebumen mengikuti jadwal vaksinasi sesuai arahan atau petunjuk pusat.

"Yang terpenting dari itu, Alhamdulillah penyerapannya itu kita tercepat nomor dua di Jateng. Artinya masyarakat di Kebumen cukup antusias untuk mengikuti vaksin. Semoga masyarakat kita tetap sehat," tutur Bupati.

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengungkapkan, dalam 10 hari terakhir ini pihaknya telah melaksanakan vaksinasi ke masyarakat sebanyak 29.400 dosis dari Moderna dan AstraZeneca.

"Tinggal manajemen pengaturannya. Dalam satu hari minimal satu atau dua titik kita bisa menggelar vaksinasi dengan berkoordinasi bersama pemerintah daerah," kata Piter.

Polres Kebumen terus berusaha menyediakan vaksinasi untuk masyarakat. Layanan vaksinasi digelar setiap hari kerja dan juga dibuka di Kantor Samsat Kebumen. Beberapa desa dapat bisa mengajukan pelaksanaan vaksinasi ke Polres Kebumen.

Anggota Bidang Informasi Pubik Satgas Penanganan Covid-19 Kebumen kepada koranbernas.id menjelaskan, vaksinasi dihadiri 1.228 orang. Namun setelah dilakukan skrining kesehatan ada 80 orang yang harus ditunda atau tidak bisa divaksin, dengan alasan kesehatan. (*)