Jangkau Masyarakat Rentan, PT Heinz ABC Indonesia Bagikan 14.000 Masakan Ibu di Yogyakarta

Jangkau Masyarakat Rentan, PT Heinz ABC Indonesia Bagikan 14.000 Masakan Ibu di Yogyakarta

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA--Melanjutkan sejarah panjangnya merayakan Bulan Suci Ramadan bersama masyarakat Indonesia, PT Heinz ABC Indonesia (“ABC”) menghadirkan program kemanusiaan ramadan. Pada tahun ini, ABC berkolaborasi dengan Foodbank of Indonesia (FOI) meluncurkan sebuah gerakan kemanusiaan berbasis komunitas yang dinamakan #ABCDapurBersamaIbu.

Setelah peluncurannya di Jakarta pertengahan Maret 2023 lalu, kini Gerakan #ABCDapurBersamaIbu hadir di Yogyakarta dan sekitarnya. Membawa misi yang sama, yakni untuk merayakan serta memperluas kehangatan cinta ibu bagi sesama, terutama cinta yang ditunjukkan melalui masakan spesial dari ibu, yang khusus disiapkan untuk menjangkau berbagai kelompok masyarakat rentan di sekitar kita.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu di Yogyakarta, melibatkan lebih dari 84 anggota komunitas ibu dan relawan pendukung. Mereka berkolaborasi dengan 7 dapur komunitas ibu (mom’ community kitchen), untuk membantu memasak dan membagikan 14.000 paket makanan sahur dan buka puasa, melalui 21 titik pendistribusian, mencakup wilayah Yogyakarta, Bantul, dan Sleman.

Niken Sekarmelati, Brand Manager Beverage Kraft Heinz Indonesia, menjelaskan gerakan ini terinspirasi dari nilai kehangatan cinta ibu.

“Di momen ramadan, peran ibu dalam menyiapkan berbagai hidangan terbaik, dari mulai makan sahur hingga berbuka puasa bagi keluarga, merupakan sebuah bentuk cinta yang nyata. Bahkan, kebesaran cinta ibu ini juga tergambar nyata lewat hadirnya berbagai dapur komunitas relawan ibu di sekitar kita. Mereka tidak pernah lelah untuk memberikan waktu dan tenaganya bagi sesama. Melalui Gerakan #ABCDapurBersamaIbu, kami ingin meneruskan inspirasi nilai cinta yang sama menjadi sebuah gerakan kemanusiaan yang lebih luas,” kata Niken, Selasa (11/4/2023).

Secara total nasional, Gerakan #ABCDapurBersamaIbu berlangsung 23 Maret hingga 19 April 2023, mendistribusikan 125.000 paket makanan dengan melibatkan lebih dari 800 relawan ibu dan lainnya melalui 133 dapur komunitas, termasuk di dalamnya 35 warteg. Setiap harinya mereka akan menyiapkan masakan sahur dan buka puasa untuk dibagikan kepada kelompok masyarakat rentan. Diantaranya kaum papa, lansia, hingga keluarga pemulung di lebih dari 125 titik distribusi di 27 kota yang tersebar di 12 provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan hingga Sulawesi. Pendistribusian makanan akan dilakukan secara terjadwal menggunakan 6 unit mobil pangan (food-van) yang beroperasi setiap harinya.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu hadir sebagai sebuah kolaborasi antara ABC, Food Bank of Indonesia (FOI), bersama dengan Alfamart sebagai mitra strategis yang akan membantu mengkoordinir pelaksanaannya, mulai dari pemilihan mitra dapur komunitas ibu, menggerakan para relawan, pengaturan proses penyiapan serta distribusi makanan, hingga proses monitoring dan evaluasi.

M. Hendro Utomo, Founder Foodbank of Indonesia (FOI) menambahkan, sebagai jaringan bank pangan di Indonesia, pihaknya hadir untuk memerangi kelaparan.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu ini menggerakkan sekitar 2000 ibu relawan dengan 98 dapur di 27 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

“Peran ibu dalam hal pangan sangat penting, mulai dari menentukan jenis makanan yang dikonsumsi hingga mengajarkan nilai-nilai positif kepada anggota keluarga. Semoga program pembagian 125.000 paket makanan berbuka dan sahur ini bisa membantu para pekerja informal, fakir dan miskin untuk melaksanakan ibadah puasa serta mempunyai daya ungkit ekonomi. Memastikan semua orang memiliki makanan hukumnya wajib. Pergerakan ibu yang lebih luas bisa membangkitkan pangan dan ekonomi Indonesia,” kata Hendro.

Mewaliki relawan ibu, Susi salah satu ibu yang terlibat langsung dalam implementasi gerakan ini menambahkan, dirinya sangat senang dapat berpartisipasi dalam gerakan #ABCDapurBersamaIbu dengan menggerakan relawan di 7 dapur pangan wilayah Yogyakarta.

“Saya berharap gerakan ini dapat mendorong para Ibu di Yogyakarta untuk terus memasak untuk keluarga dan masyarakat sekitar kita,” katanya.

Gerakan #ABCDapurBersamaIbu juga didukung oleh beberapa mitra ABC lainnya, diantaranya Alfamart, Alfagift, Tokopedia, dan Grab. Setiap pembelian produk ABC di Alfamart, Alfagift, Tokopedia dan GrabMart selama periode program akan dikonversikan sebesar Rp 1.000* sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan ini.

“Sebagai bagian dari tujuan global perusahaan “Let’s Make Life Delicious”, kami berkomitmen untuk menghadirkan kelezatan masakan melalui produk-produk terbaik sekaligus senantiasa menginspirasikan nilai kebaikan untuk kehidupan sehari-hari. Kami berharap Gerakan #ABCDapurBersamaIbu tahun ini dapat semakin mengingatkan kita akan kekuatan nilai kebaikan seorang ibu dan bersama-sama meneruskan kebaikan yang sama untuk dampak yang lebih besar,” jelas Mira Buanawati, General Counsel, Head of Corporate & Regulatory Affairs Kraft Heinz Indonesia & Papua New Guinea di sela-sela acara peluncuran di Jakarta beberapa waktu lalu. (*)