Februari 2025, Jumlah Penumpang KAI Bandara Yogyakarta Melonjak 201 Ribu

Angka ini menunjukkan semakin tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI Bandara.

Februari 2025, Jumlah Penumpang KAI Bandara Yogyakarta Melonjak 201 Ribu
Penumpang KA Bandara di YIA. (istimewa)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Jumlah penumpang KAI Bandara di Yogyakarta masih cukup tinggi meski ada kebijakan efisiensi anggaran. PT Railink sebagai operator KA Bandara di Yogyakarta mencatat lonjakan jumlah penumpang sepanjang Februari 2025 sebanyak 201.902 penumpang.

"Angka ini menunjukkan semakin tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan KAI Bandara yang dikenal dengan efisiensi, kenyamanan dan ketepatan waktu," kata Ayep Hanapi, Manajer Komunikasi Perusahaan PT Railink, Senin (10/3/2025).

Peningkatan ini mencerminkan kualitas layanan yang semakin baik. Bahkan menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap kenyamanan dan efisiensi layanan KA Bandara.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan demi memastikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu bagi seluruh penumpang,” ujar Ayep Hanapi.

Layanan utama

PT Railink  merinci jumlah penumpang dari dua layanan utama mereka, yakni YIA Xpress dan YIA Reguler. YIA Xpress mencatat 81.644 penumpang dan YIA Reguler atau PSO sebanyak 120.258 penumpang.

Momen awal Ramadan 1446 pada Februari 2025 menyebabkan lonjakan jumlah wisatawan dan pelaku perjalanan bisnis yang memilih KA Bandara sebagai moda transportasi utama menuju bandara.

Kemudian, peningkatan Konektivitas dengan Moda Transportasi Lain, Integrasi KAI Bandara dengan transportasi lain seperti Trans Jogja, taksi online, dan shuttle bus turut meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan layanan ini.

"Kami mengimbau para penumpang untuk melakukan pemesanan tiket lebih awal guna memastikan ketersediaan tempat duduk. Penumpang perlu memilih jadwal keberangkatan KA Bandara dengan waktu yang cukup sebelum penerbangan minimal dua jam sebelum keberangkatan penerbangan domestik dan tiga jam sebelum keberangkatan penerbangan internasional," jelasnya.

Layanan terbaik

Sebagai operator resmi KAI Bandara, PT Railink terus berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan moda transportasi yang cepat, aman, dan nyaman menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

"Dengan peningkatan jumlah penumpang yang signifikan serta berbagai inovasi layanan, KAI Bandara Yogyakarta semakin menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin menghindari kemacetan dan mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih efisien," ungkapnya. (*)