atas1

Warga Sakit dan Lansia Tidak Nyoblos

Sabtu, 20 Apr 2019 | 21:01:41 WIB, Dilihat 312 Kali - Oleh Masal Gurusinga

SHARE


Warga Sakit dan Lansia Tidak Nyoblos ilustrasi

Baca Juga : Ponpes Al Hikmah Terapkan Tehnologi Bioflok


KORANBERNAS.ID--Pemilihan ppresiden, wakil presiden dan anggota legislatif telah berlalu dan tahapannya telah sampai pada rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan (Panitia Pemilihan Kecamatan/PPK). Namun di TPS 13 Kampung Sembir RW 6 Kelurahan Bugel Kecamatan Sudorejo Kota Salatiga Jawa Tengah ada sejumlah lansia dan warga yang sakit tidak bisa menyumbangkan suaranya. Warga beralasan mereka tidak ikut nyoblos karena tidak ada petugas KPPS yang datang ke rumah dan menjemput mereka.

Padahal dalam pemilihan sebelumnya, seperti pemilihan kepala walikota, pemilihan gubernur maupun pilpres 2014 lalu ada petugas KPPS yang jemput bola datang ke rumah warga yang sakit dan lansia.

“Sebelumnya selalu ada petugas yang datang ke rumah. Tapi kemarin itu tidak ada yang dating. Sehingga saya tidak ikut nyoblos,”ujar warga yang sakit.

Selain itu, warga juga menyoroti proses penunjukan atau pemilihan personel Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 13. Sorotan warga terkait adanya personel-personel yang masih satu keluarga.

“Mengapa orang-orangnya itu-itu saja. Kakak, adik, ipar dan saudara dekat yang masih ada hubungan keluarga. Dan kemarin ada juga anaknya. Apa tidak ada warga lain di sini,” jelas warga dengan nada bertanya.

Pengamatan di lapangan, personel KPPS Pemilu 17 April kemarin dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya memang hampir tidak ada pergantian. Hal ini memunculkan kesan sebuah “dinasti” dalam pesta demokrasi di kampung tersebut.

Sementara itu diperoleh informasi dari anggota KPPS, jika warga sakit dan lansia di Kampung Sembir RW 6 Kelurahan Bugel tidak ikut nyoblos dalam Pemilu 17 April kemarin dikarenakan tidak ada informasi atau pemberitahuan dari pihak keluarga ke KPPS. (SM)



Sabtu, 20 Apr 2019, 21:01:41 WIB Oleh : Nanang WH 472 View
Ponpes Al Hikmah Terapkan Tehnologi Bioflok
Sabtu, 20 Apr 2019, 21:01:41 WIB Oleh : Nila Jalasutra 359 View
Byar Sumunar, Cara Kenalkan Budaya ke Generasi Muda
Sabtu, 20 Apr 2019, 21:01:41 WIB Oleh : Nila Jalasutra 578 View
Khitanan, Anak-anak Lebih Sehat

Tuliskan Komentar