atas1

Tokoh Muhammadiyah dan NU Kupas Sosok AR Fachruddin

Kamis, 04 Apr 2019 | 00:51:06 WIB, Dilihat 2708 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


Tokoh Muhammadiyah dan NU Kupas Sosok AR Fachruddin Putra dari AR Fachruddin, Drs H Surkriyanto AR (kiri) memberikan cenderamata kepada Ketua PDM Bantul Drs H Sahari saat bedah buku ”Biografi Pak  AR”, Rabu (3/4/2019). (sari wijaya/koranbernas.id)

Baca Juga : Saatnya Gugah Milenial Teladani M Natsir


KORANBERNAS.ID -- Buku Biografi Pak AR, KH Abdur Rozak Fachruddin (Ketua Umum PP Muhammadiyah 1968-1990) yang ditulis oleh putranya Drs H Sukriyanto AR, dikupas di Aula Bank Bantul, Rabu (3/4/2019).

Acara yang dibuka oleh tokoh Muhammadiyah Drs HM Idham Samawi ini dihadiri Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul,  Drs H Sahari dan serta H Sukarjo selaku tokoh Nahdatul Ulama (NU) Bantul.

Kegiatan yang digelar oleh Yayasan Bani Fachruddin (Ponpes SMK Ar Rahmah) tersebut dihadiri 100 peserta terdiri dari guru maupun masyarakat.

Idham Samawi mengatakan AR Fachrudin adalah sosok tokoh nasional yang menduduki posisi sebagai Ketum PP Muhammadiyah.

“Beliau adalah pemimpin yang sangat luar biasa. Sosok yang sederhana. Bahkan saya yang bukan siapa-siapa, puluhan tahun silam ingin bertemu dengan beliau, diterima langung. Saya surprise, kaget, ketua organisasi yang memiliki puluhan juta anggota mau menemui saya langsung. Subhanallah saya tidak menyangka,” kata Idham.

Menurut Idham, sosok AR Fachruddin mau menjelaskan dengan sabar dan jelas mengenai segala hal.

Banyak petuah, nasihat dan keteladanan darinya tetap diingat dan ditiru oleh Idham yang pernah menjabat sebagai Bupati Bantul dua periode tersebut hingga saat ini.

Sedangkan Sukriyanto menuturkan, ayahnya adalah orang yang ramah, bergaul dengan siapa saja dan tidak memandang latar belakang.

“Pak AR  itu berteman dengan siapa saja dan juga  bergaul dengan siapapun dan dari agama apapun,” kata dia.

Semasa hidupnya AR Fachruddin selalu merindukan masjid. “Beliau adalah sosok yang taat beribadah, dan setiap hari ayah saya menjalankan ibadah salat ke masjid,” katanya.

Sementara Drs H Sahari mengatakan AR Fachruddin adalah  tokoh muslim panutan umat. Bukan hanya umat Muslim namun juga umat agama lain, karena keteladanan akhlaknya.

“Beliau adalah sosok nyata dalam hidup, yang bisa kita lihat dan  kita contoh. Beliau orang baik, sederhana, dan mencintai negaranya. Sebagai contoh, beliau  ikut Laskar Hisbullah,” katanya.

Selain itu, AR Facrudin adalah sosok yang berdiri di tengah umat dan bersikap adil serta bersikap lurus.

“Dalam pergaulan beliau tidak pilih-pilih. Saat berdakwah, siapa saja yang mengundang tidak pernah menanyakan latar belakangnya, beliau akan hadir ke sana. Benar-benar Pak AR adalah sosok panutan yang sangat layak diteladani,” ungkapnya.

H Sukarjo selaku tokoh Nahdatul Ulama mengatakan AR Fachruddin merupakan tokoh yang jujur, sederhana dengan pemikiran internasional dan maju ke depan. (sol)



Kamis, 04 Apr 2019, 00:51:06 WIB Oleh : Sholihul Hadi 571 View
Saatnya Gugah Milenial Teladani M Natsir
Rabu, 03 Apr 2019, 00:51:06 WIB Oleh : Sholihul Hadi 10074 View
Bulus Raksasa Sehari Santap Lima Lele
Rabu, 03 Apr 2019, 00:51:06 WIB Oleh : Sholihul Hadi 497 View
Jangan Jadikan Pemilu Ajang Perpecahan

Tuliskan Komentar