atas1

Ribuan Warga Yogyakarta Saksikan Festival Pesona Lokal

Sabtu, 19 Okt 2019 | 20:52:27 WIB, Dilihat 240 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Ribuan Warga Yogyakarta Saksikan Festival Pesona Lokal Penampilan salah satu peserta Parade Karnaval Budaya Festival Pesona Lokal 2019, Sabtu (19/10/2019), di Alun-alun Utara Yogyakarta. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Baca Juga : Pukat UGM Percaya Presiden Masih Punya Hati Nurani


KORANBERNAS.ID – Ribuan warga Yogyakarta memadati kawasan Titik Nol Kilometer maupun kawasan Alun-alun Utara Yogyakarta, Sabtu (19/10/2019) sore.

Mereka datang untuk menyaksikan gelaran Festival Pesona Lokal 2019 persembahan Adira Finance bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) serta stasiun televisi RCTI.

Acara yang untuk pertama kalinya berlangsung di Kota Pariwisata kali ini dimeriahkan beragam budaya dan kearifan lokal Yogyakarta serta Jawa Tengah.

Ribuan pengunjung merasakan sensasi pesona lokal mulai dari aneka kreasi kostum parade karnaval, tarian tradisional kontemporer hingga kuliner dan produk khas daerah ini.

Festival Pesona Lokal Yogyakarta 2019 dibuka Direktur Utama (Dirut) Adira Finance Hafid Hadeli beserta jajaran direksi. Dia didampingi Kepala Wilayah Area Jawa Tengah Adira Finance Irfan Budianto maupun Chief Financial Officer Adira Insurance, Meryati Bandjarnahor.

"Kami sangat senang dapat menggelar Festival Pesona Lokal untuk pertama kalinya di Yogyakarta,  menampilkan kekayaan budaya dan kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta,” ungkap Hafid Hadeli.

Kepada wartawan dia menyampaikan, melalui kegiatan bertajuk Rasakan Sensasi Pesona Lokal ini pihaknya ingin menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal dan juga peran aktif semua pihak untuk turut serta mempromosikannya.

Festival diisi berbagai perlombaan dan hiburan untuk masyarakat. Pengunjung tidak hanya hanya dari kalangan masyarakat umum tetapi juga ekosistem Adira Finance, terdiri dari karyawan, dealer, agen dan mitra bisnis.

Tak ketinggalan, komunitas dan pelajar turut ambil bagian memeriahkan festival. Salah satu kegiatan yang menarik perhatian adalah Parade Karnaval Budaya yang diikuti lebih dari 700 peserta.

Masing-masing peserta menampilkan atraksi kekayaan budaya Yogyakarta dan Jawa Tengah, mulai dari busana adat, musik tradisional hingga pertunjukan kesenian khas.

Dirut Adira Finance Hafid Hadeli didampingi Irfan Budianto dan Meryati Bandjarnahor menyampaikan keterangan pers di sela-sela acara. (sholihul hadi/koranbernas.id)

Selain Parade Karnaval Budaya, ada pula Lomba Tari Lokal Kontemporer yang diikuti sekitar 100 peserta, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer pada media desain topeng kayu dengan jumlah 30 peserta maupun kompetisi ala Selebgram Lokal yang dikuti pengunjung.

Puncak acara itu adalah penampilan Langit Sore dan Siti Badriah.

Pengunjung Festival Pesona Lokal juga disuguhi pasar rakyat yang dimeriahkan booth-booth dari sponsor serta puluhan UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner dan kerajinan khas Yogyakarta yang inovatif dan kreatif.

Pada area Festival Kuliner tersedia berbagai makanan termasuk makanan khas. Tidak ketinggalan terdapat pula area test drive untuk masyarakat yang ingin menjajal kendaraan roda dua dari berbagai merk.

Hadiah senilai total ratusan juta rupiah menanti para pemenang lomba di ajang Festival Pesona Lokal 2019 Yogyakarta.

Juara I Lomba Karnaval Budaya akan mendapatkan hadiah Rp 15 juta, juara 2 sebesar Rp 10 juta dan juara 3 senilai Rp 5 juta.

Juara utama Lomba Tari Kontemporer akan  mendapatkan uang tunai Rp 5 juta dan juara favorit Rp 2 juta.

Sedangkan para pemenang Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer masing-masing akan mendapatkan uang tunai. Juara 1 sebesar Rp 3 juta, juara 2 menerima Rp 2 juta dan juara 3 senilai Rp 1 juta.

Pemenang Lomba Kompetisi ala selebgram akan mendapatkan uang tunai Rp 2 juta untuk pemenang utama dan Rp 1 juta untuk pemenang favorit, yang diumumkan H+7 di akun Instagram resmi Adira Finance di @adirafinanceid.

Festival tersebut juga memperoleh dukungan dari berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta. Adapun sponsor utama yaitu Adira Insurance.

Sponsor lainnya MUFG Bank, PT Visonet Internasional (OVO), PT Pitoe Sarana Informatika, PT Astra Honda Motor, Coca Cola Amatil Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Asuransi Sinar Mas, PT Isuzu Astra Motor Indonesia, PT Asuransi Raksa Pratikara, PT Solusi Iransportasi Indonesia (Grab Indonesia), Comforta, Bank Danamon Indonesia, Telkom, Artajasa dan Alibaba.

Lebih lanjut Hafid menyampaikan apresiasi untuk seluruh masyarakat, jajaran Pemerintah DIY, aparatur setempat serta para sponsor.

“Semoga Festival Pesona Lokal menjadi acara tahunan yang ikonik, dapat menambah daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung,” kata Hafid. (sol)



Sabtu, 19 Okt 2019, 20:52:27 WIB Oleh : Sholihul Hadi 234 View
Pukat UGM Percaya Presiden Masih Punya Hati Nurani
Jumat, 18 Okt 2019, 20:52:27 WIB Oleh : Sari Wijaya 319 View
HUT Golkar di Bantul Bertabur Hadiah
Jumat, 18 Okt 2019, 20:52:27 WIB Oleh : Nila Jalasutra 2794 View
Warga Lereng Merapi Mohon Perlindungan

Tuliskan Komentar