ribuan-lulusan-smk-dag-dig-dug-Proses seleksi calon tenaga kerja PT Isuzu Asta Motor Indonesia (IAMI) di aula SMK Negeri 2 Klaten. (Masal Gurusinga/koranbernas.id)


masal-gurusinga-2

Ribuan Lulusan SMK Dag Dig Dug

SHARE

KORANBERNAS.ID—Ribuan lulusan SMK di Jawa Tengah Selatan dan sebagian Jawa Timur, harap harap cemas. Selama dua pecan ke depan, mereka harus rajin berdoa agar lolos seleksi penerimaan calon tenaga kerja di PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Bekasi.

Pelaksanaan ujian, berlangsung sejak Kamis (31/10/2019) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Klaten.


Baca Lainnya :

Dalam seleksi yang berakhir Senin (4/11/2019), setidaknya diikuti lebih dari 1300 lulusan SMK negeri dan swasta di wilayah Solo Raya dan sebagian wilayah Jawa Timur seperti Ngawi dan Magetan.

Kepala Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 2 Klaten Fajar Suryadi, S.Pd menjelaskan, seleksi tersebut untuk menjaring calon tenaga kerja bidang operator produksi di PT IAMI.


Baca Lainnya :

“Semua peserta adalah lulusan SMK berbagai program keahlian. Ada lulusan otomotif, sepeda motor, pemesinan, audio visual (TAV), elektro dan listrik dari SMK di Solo raya serta Magetan dan Ngawi,” kata Fajar Suryadi, Senin (4/11/2019).

Target canaker yang akan direkrut hingga kebutuhan awal tahun 2020 sekitar 250 orang. Sedangkan seleksi yang diselenggarakan langsung oleh pihak perusahaan (user) meliputi psikotes dan wawancara.

SMK Negeri 2 Klaten yang berlokasi di wilayah Desa Senden Kecamatan Ngawen merupakan sekolah program empat tahun. Dan sejak tahun 2013 telah mengadakan MoU dengan PT IAMI.

Kepala SMK Negeri 2 Klaten, Woro Nugroho mengatakan pada Kamis (31/10/2019) dan Jumat (1/112019) merupakan ujian tertulis serta Sabtu (2/11/2019) dan Senin (4/11/2019) tes wawancara.

“Satu rombongan terdiri dari 224 peserta,” ujar mantan Kepala SMK Negeri 4 Klaten itu.

 

Muhammad Alif, lulusan SMK Pancasila Sakti Wonogiri tahun 2017 adalah satu peserta yang ikut selesai. Dia yang lulusan program keahlian permesinan melamar di PT IAMI di bidang operator produksi.

Hal senada disampaikan Muhammad Arfan, lulusan SMK Sakti Gemolong Sragen program keahlian otomotif. Menurut dia, seleksi pada hari itu meliputi psikotes dilanjutkan wawancara.

“Hasilnya akan diumumkan sekitaran dua minggu,” katanya kepada koranbernas.id di SMK Negeri 2 Klaten.

Peserta seleksi canaker PT IAMI adalah laki-laki lulusan SMK. Saat mengikuti seleksi di aula SMK Negeri 2 Klaten wajib mengenakan kemeja putih dan celana hitam. (SM)


TAGS:

SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini