atas1

Pejabat Ini Sejak Dulu Terkenal Lucu

Selasa, 20 Nov 2018 | 13:54:04 WIB, Dilihat 633 Kali - Oleh Sholihul Hadi

SHARE


Pejabat Ini Sejak Dulu Terkenal Lucu Wabup Kulonprogo Drs H Sutedjo saat menjadi narasumber 1st Government Gathering yang diselenggarakan UMY, Selasa (20/11/2018). (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Sebelas Pemda Kerja Sama dengan UMY


KORANBERNAS.ID – Pejabat yang satu ini sejak dulu terkenal suka melucu. Dia adalah Wakil Bupati (Wabup) Kulonprogo Drs H Sutedjo. Selera humornya terbilang cukup tinggi.

Begitu pula saat hadir sebagai narasumber diskusi 1st Government Gathering bertema Strategi Inovatif & Kreatif Pemerintah Daerah dalam Menghadapi Era Disruptif, Selasa (20/11/2018).

Ruangan aula lantai tiga Gedung Asri Medical Center (AMC) Yogyakarta itu pun bergetar, dalam tanda kutip, tidak hanya dipenuhi gelak tawa tetapi juga teriakan yel-yel.

Praktis, durasi waktu sepuluh menit yang diberikan oleh panitia untuk menyampaikan paparan, hampir 90 persennya berujung tawa.

Sambil berdiri, tampil pada detik-detik pertama Sutedjo masih serius menyampaikan paparan mengenai wilayah Kabupaten Kulonprogo yang berpenduduk 440 ribu, terdiri dari 12 kecamatan dan 87 desa.

“Benar, kami ini berangkat dari ketertinggalan. Berbekal semangat Bela Beli Kulonprogo saya dan Pak Bupati Hasto Wardoyo memacu diri agar mampu mandiri di bidang ekonomi,” kata dia.

Hanya sebentar, Sutedjo kemudian mulai bercanda. Dia promosikan sang bupati sebagai  dokter ahli kandungan spesialis bayi tabung.

“Bagi yang sudah menikah belum punya anak silakan menghubungi Pak Bupati,” kata dia.

Tawa peserta 1st Government Gathering kembali pecah ketika Sutedjo mencontohkan penerapan program Bela Beli Kulonprogo di masyarakat.

Tanpa ragu-ragu dia mengajak peserta menirukan yel-yel Bela Beli Kulonprogo, padahal mereka bukan warga Kulonprogo melainkan para pimpinan dari kabupaten lain.

 “Di kalangan petani yel-yelnya adalah isa nandur, ngapa tuku.... Seumpama ini semua petani, saya sebagai ketua kelompok tani... Yang masih punya tangan kanan, pakai tangan kanan, angkat mengepal,” ajak Sutedjo.

Tunjung Sulaksono selaku moderator, Asisten II Setda Pemalang Dr Drs Supa'at MPd, Wakil Bupati Sorong Suka Harjono SH MSi maupun Ketua Prodi Teknik Sipil UMY Prof Agus Setyo Muntohar ST M Eng terlihat tidak bisa menahan tawa.

“Sekarang ganti. Anggap saja di sini pertemuan para peternak. Yel-yelnya adalah isa ngingu, ngapa tuku....”

Di luar dugaan, para peserta pun manut saja ketika diajak menirukan yel-yel itu.

Selanjutnya untuk para perajin. “Isa nggawe, ngapa tuku...”

Tawa belum sempat berhenti, Sutedjo menyatakan yel-yel itu jangan dijadikan plesetan.

“Jangan diplesetkan, isa nyolong,... (hadiahnya kalau di Jogja berada di Wirogunan, kalau di Kulonprogo dekat Alun-alun,” ungkapnya.

Pameran memeriahkan Government Gathering yang digelar UMY di Gedung AMC Yogyakarta. (yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Pada Government Gathering 2018 yang diselenggarakan oleh Lembaga Kerjasama UMY ini, sebelas Pemerintah Daerah dari dalam maupun luar Jawa menjalin kerja sama.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional UMY, Prof Achmad Nurmandi, berharap dari kegiatan ini lahir banyak terobosan baru.

Bagi UMY dan Pemda, kerja sama tersebut dimaksudkan untuk menggali, mengembangkan dan memaksimalkan setiap potensi  di daerah masing-masing.

Khusus untuk Kabupaten Pacitan, Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Sorong, kerja sama difokuskan pada potensi daerah dan pengembangannya. (sol)



Selasa, 20 Nov 2018, 13:54:04 WIB Oleh : Sholihul Hadi 634 View
Sebelas Pemda Kerja Sama dengan UMY
Senin, 19 Nov 2018, 13:54:04 WIB Oleh : Sholihul Hadi 635 View
Sumur Tadah Hujan Masih Kering
Senin, 19 Nov 2018, 13:54:04 WIB Oleh : Nanang WH 859 View
Belanja Rokok Keluarga Miskin Ternyata Lebih Besar

Tuliskan Komentar