atas1

Makin Mudah, Bayar Pajak di DIY Pakai Gopay

Jumat, 17 Jan 2020 | 20:24:55 WIB, Dilihat 177 Kali
Penulis : Muhammad Zukhronnee Ms
Redaktur

SHARE


Makin Mudah, Bayar Pajak di DIY Pakai Gopay Pengguna memperagakan pembayaran pajak menggunakan fitur dalam Gojek. (istimewa)

Baca Juga : Oknum Guru SDIT Purworejo Menyatakan Keluar dari KAS


KORANBERNAS.ID, JOGJA -- Warga DIY saat ini semakin mudah membayar pajak daerah dan retribusi, selain pajak bumi dan bangunan (PBB). GoPay memfasilitasi kemudahan pembayaran melalui fitur GoBills pada aplikasi Gojek.

Selain makin memudahkan masyarakat Yogyakarta dalam melakukan pembayaran PBB, layanan ini juga bertujuan untuk membantu memaksimalkan potensi penerimaan daerah Pemerintah Kota dan Kabupaten se Provinsi D.I. Yogyakarta.

Head of Sales GoPay, Arno Tse, dalam rilisnya yang diterima koranbernas.id, Jumat (17/1/2020), menjelaskan pengembangan inovasi ini sejalan dengan instruksi Presiden untuk memaksimalkan transaksi non-tunai dalam transaksi keuangan pemerintah dan sebagai fintek karya anak bangsa.

"GoPay terus berupaya untuk mendukung cita-cita tersebut dengan menghadirkan kemudahan pembayaran non-tunai di berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk dalam membayar pajak," paparnya.

DIY merupakan provinsi pertama di Indonesia yang dapat menerima pembayaran non-tunai untuk pajak daerah seperti pajak hotel, pajak restoran, dan pajak hiburan, selain pajak bumi dan bangunan (PBB) dan retribusi.

"Kami berharap dengan kemitraan ini tidak hanya memudahkan masyarakat namun juga pemerintah dalam mengumpulkan pajak sehingga menjadi lebih aman dan transparan,” terang Arno.

Pada September 2019 lalu, Gojek menandatangani nota kerjasama dengan PT Bank BPD DIY untuk pembayaran pajak daerah dan retribusi, serta PBB. Cara pembayaran sangat mudah. Cukup buka aplikasi Gojek, pilih layanan GoBills, dan pilih menu pembayaran pajak sesuai kebutuhan apakah retribusi atau PBB.

Kemudian pelanggan dapat memilih pembayaran sesuai kota dan kabupaten yang dikehendaki. Pelanggan cukup memasukkan nomor objek pajak dan tahun pajak, bayar dengan GoPay dan konfirmasi pembayaran menggunakan PIN dan pembayaran selesai.

Direktur Utama PT Bank BPD DIY, Santoso Rohmad, mengungkapkan pembayaran PBB dengan metode non-tunai merupakan salah satu terobosan dalam memaksimalkan potensi penerimaan daerah di seluruh Kota dan Kabupaten di DIY. Selain itu, masyarakat dapat menikmati kemudahan dan kenyamanan transaksi dengan metode non-tunai yang lebih aman.

"Kedepannya dalam semangat sinergi dan kolaborasi, kami berharap kami dapat memperluas manfaat non-tunai tidak hanya untuk pembayaran PBB tetapi juga digitalisasi produk perbankan lainnya," lanjutnya.

Sebelumnya, GoPay telah bekerja sama dengan BPD setempat di provinsi Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Kalimantan Selatan hanya untuk menerima pembayaran PBB melalui fitur GoBills yang ada di dalam aplikasi Gojek. (eru)



Jumat, 17 Jan 2020, 20:24:55 WIB Oleh : W Asmani 3930 View
Oknum Guru SDIT Purworejo Menyatakan Keluar dari KAS
Jumat, 17 Jan 2020, 20:24:55 WIB Oleh : Sari Wijaya 233 View
Pengunjung Menurun, Kebun Buah Mangunan Perlu Inovasi
Jumat, 17 Jan 2020, 20:24:55 WIB Oleh : W Asmani 949 View
Rizal Marito Menggantikan Indra Kurniawan sebagai Kapolres Purworejo

Tuliskan Komentar