atas1

KAI Percepat Pengembalian Uang Pembatalan Tiket

Kamis, 30 Apr 2020 | 17:20:06 WIB, Dilihat 216 Kali
Penulis : Prasetiyo
Redaktur

SHARE


KAI Percepat Pengembalian Uang Pembatalan Tiket Pada musim angkutan Lebaran tahun 2020 ini banyak calon penumpang yang membatalkan tiket keberangkatannya, sehingga suasana stasiun, seperti terlihat di stasiun KA Purwokerto, Kamis (30/4/2020), tampak sepi. (prasetiyo/koranbernas.id)

Baca Juga : Penerima Bantuan Jangan Sampai Dobel


KORANBERNAS.ID, PURWOKERTO -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mempercepat pengembalian uang pembatalan tiket via KAI Access menjadi setelah 3 hari kerja sejak dilakukan pembatalan. Sebelumnya, jika penumpang melakukan pembatalan melalui KAI Access, KAI akan mengembalikan 100% uang pembatalan tiket secara transfer paling lambat setelah 45 hari.

“Ketentuan tersebut berlaku untuk pembatalan mulai 30 April sampai dengan 4 Juni 2020, untuk keberangkatan KA masa Angkutan Lebaran 2020, yaitu mulai 14 Mei sampai dengan 4 Juni 2020,” kata Supriyanto, Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, kepada koranbernas.id di Stasiun Purwokerto, Kamis (30/4/2020).

Layanan ini diberikan bagi pelanggan KA agar beralih ke aplikasi KAI Access untuk pembatalan secara online. Dimana tujuannya untuk mendukung physical distancing dengan tidak bepergian ke stasiun.

Penumpang diharuskan mendownload atau mengupdate aplikasi KAI Access-nya menjadi versi terbaru terlebih dahulu. Pada saat registrasi, penumpang harus mendaftarkan nama dan nomor identitas yang sesuai dengan data pada tiket. "Pada menu pembatalan, masukkan juga nomor rekening yang memiliki nama sesuai dengan nama penumpang pada tiket," ujarnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email [email protected], atau media sosial KAI 121.

Menurut Supriyanto, total tiket yang sudah dibatalkan mulai 23 Maret hingga 29 April 2020 sebanyak 877.618 tiket, dimana 51% dibatalkan melalui aplikasi KAI Access dan sisanya dibatalkan secara offline di stasiun.

Khusus untuk keberangkatan 14 Mei hingga Juni 2020 atau H-10 hingga H+10 masa Angkutan Lebaran 2020, secara total di PT KAI sudah terdapat 554.672 tiket yang dibatalkan oleh penumpang. "Masih terdapat 352.884 tiket yang belum dibatalkan oleh penumpang, atau 39% dari total keseluruhan tiket Masa Angkutan Lebaran 2020 yang telah terjual," jelasnya.

PT KAI berharap dengan kebijakan percepatan pengembalian uang pembatalan tiket ini, dapat mempermudah masyarakat yang ingin membatalkan tiket, serta membantu masyarakat yang membutuhkan dananya kembali secara tunai dan cepat.

“Semoga kebijakan ini bermanfaat bagi masyarakat yang telah menunda perjalanan mudiknya dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada masa Mudik Angkutan Lebaran 2020,” ujar Supriyanto. (eru)



Kamis, 30 Apr 2020, 17:20:06 WIB Oleh : Sari Wijaya 346 View
Penerima Bantuan Jangan Sampai Dobel
Kamis, 30 Apr 2020, 17:20:06 WIB Oleh : Nila Jalasutra 279 View
Hancurkan Dulu Masker Bekas Pakai Sebelum Dibuang
Kamis, 30 Apr 2020, 17:20:06 WIB Oleh : Redaktur 216 View
Atasi Dampak Pandemi Covid-19, TNI dan Polri Kompak Dirikan Dapur Lapangan

Tuliskan Komentar