jauh-dari-bekasi-wci-usung-semangat-perdamaian-di-jogjaAnggota Komunitas WCI Bekasi saat beraktivitas di lokasi lava tour Merapi. (istimewa)


warjono

Jauh dari Bekasi, WCI Usung Semangat Perdamaian di Jogja

SHARE

KORANBERNAS.ID—Di tengah menghangatnya suhu politik, 40 orang yang tergabung dalam Komunitas White Car Indonesia (WCI) Bekasi, menggelar touring di Jogja.

Tidak memiliki agenda apapun terkait politik, hanya secara kebetulan komunitas WCI memiliki slogan “We Are White, We Are Family”. Slogan ini kurang lebih memiliki makna, bahwa anggota komunitas ini terdiri dari berbagai latarbelakang profesi, suku, ras, agama, tapi mereka bersatu dalam wadah organisasi WCI dan sama sama cinta dengan mobil berwarna putih.


Baca Lainnya :

“Bahwa semangat yang kami usung yakni persaudaraan kemudian dapat ikut mewarnai dan mendorong semangat perdamaian, ya syukur alhamdulillah. Karena bangsa ini memang perlu keseriusan untuk menjaga perdamaian di tengah keberagaman,” kata Penasihat WCI Bekasi April Chandra, kepada koranbernas.id, Sabtu (22/12/2018).

Perjalanan ke Jogja bagi WCI Bekasi merupakan agenda touring jarak jauh yang rutin digelar setiap tahun. Komunitas yang beranggotakan lebih dari 800 orang ini, juga memiliki agenda touring jarak pendek yang lebih sering digelar di sekitar Bekasi.


Baca Lainnya :

Dalam setiap kegiatan touring, mereka biasanya menyelipkan kegiatan-kegiatan bakti sosial seperti menggelar sunatan massal, memberi bantuan kebencanaan dan lain sebagainya.

“Khusus di Jogja ini, kita menggelar acara selama 4 hari mulai 22 Desember. Tapi karena persiapan yang mepet, kami malah tidak sempat mengagendakan dan melakukan survey untuk kegiatan baksos,” kata April.

Perjalanan di Jogja diawali dengan mengunjungi Gumuk Pasir di Parangtritis. Kemudian dilanjutkan dengan touring ke Tebing Breksi, Wisata Lava Tour di lereng Merapi. WCI Bekasi juga menyempatkan diri untuk city tour dan berwisata kuliner di sejumlah tempat.

Ketua WCI Regional Bekasi, Eko Trusulo menambahkan, touring jarak jauh diatas 30 kilometer, sering dilakukan WCI Bekasi. Di antaranya ke Solo, Sumbar dan sejumlah kota lain. Saat bencana gempa di Palu dan Mataram, WCI Bekasi juga ikut serta mengirimkan bantuan.

Anggota WCI Bekasi, kata Eko terdiri dari berbagai macam latarbelakang. Mobilnyapun juga dari berbagai merek dan tahun pembuatan. Ada yang mobil klasik, tapi ada juga yang bahkan mobil sport.

“Kita tidak membatasi. Tua muda, pria wanita, asalkan punya mobil warna putih bisa bergabung. Guyub rukun dan gotong royong silaturahmi tanpa batas,” kata Eko.

Komunitas ini juga mengembangkan budaya keberagaman dan kerukunan. Komunitas melarang anggota memanfaatkan WAG untuk ngomong politik ataupun materi pembicaraan lain yang dapat memicu perselisihan.

“Kita tidak mau komunitas ini terbawa ke politik. Sekalipun anggota kami ada yang aktivitas parpol dan terjun ke politik. Tapi selama di komunitas mereka dilarang ngomong politik. Kami ingin WCI justru menyatukan banyak perbedaan karena latarbelakang anggota,” lanjut Eko.

Alasan memilih Jogja untuk touring ini, menurut April dilakukan secara spontan. April mengaku sering ke Jogja saat liburan dan memiliki kesan positif dengan Kota Pendidikan ini.

Saat masih kuliah di Semarang, April pernah berkunjung ke Jogja dan merasakan kehangatan masyarakat serta pelajar dan mahasiswa yang berkumpul di Jogja untuk menempuh pendidikan.

“Sampai sekarang pun saya masih merasakan hal yang sama. Menariknya, begitu banyak tamu dari luar daerah bahkan dari manca yang datang setiap tahun ke Jogja, tapi Jogja tetap mampu eksis dengan budaya khas mereka sendiri,” katanya.

Dalam setiap kegiatan touring termasuk ke Jogja ini, WCI Bekasi juga memanfaatkannya untuk bersilaturahmi dengan WCI setempat. Bahkan kegiatan mereka difasilitasi oleh WCI di daerah tujuan.

“Kita minta bantuan teman-teman di kota tujuan. Mereka yang membantu kami dan mengatur kegiatan touring. Ya tentu semua kita perhitungkan secara profesional. Budaya seperti ini pula yang ingin kami tumbuhkan. Kegiatan organisasi sedapat mungkin bisa dirasakan manfaatnya oleh anggota dan keluarga besar WCI serta masyarakat yang kita tuju,” pungkas April. (SM)


TAGS:

SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini