atas1

Gajah GLZoo Bunting 19 Bulan, Rutin Diajak Jalan-jalan

Selasa, 18 Feb 2020 | 19:15:08 WIB, Dilihat 226 Kali
Penulis : Sholihul Hadi
Redaktur

SHARE


Gajah GLZoo Bunting 19 Bulan, Rutin Diajak Jalan-jalan Dengan cara naik di punggungnya, mahout mengajak jalan-jalan gajah GL Zoo Yogyakarta yang sedang bunting. (istimewa)

Baca Juga : Ribuan Warga di Malioboro Angkat Smartphone Tinggi-tinggi


KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- Dua ekor gajah betina koleksi Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta beberapa pekan terakhir rutin diajak jalan-jalan oleh mahout atau perawat gajah mengelilingi Danau Mayangtirta di kompleks kebun binatang setempat.

Gajah betina yang diberi nama Shinta dalam kondisi bunting tua, saat ini memasuki masa melahirkan. Sedangkan seekor gajah lainnya bernama Seiji hamil muda, juga diajak “berolahraga”.

Aktivitas ringan ini dimaksudkan agar kesehatan kedua gajah bunting itu maupun bayi di perutnya tetap dalam kondisi prima.

 “Dengan olahraga jalan sehat ini agar metabolisme di dalam tubuh induk dan bayi di kandungan tetap baik, sehingga saat melahirkan nanti berlangsung lancar,” ujar drh Berta Alviyanto, Kepala Bidang Kesehatan Satwa dan Nutrisi GL Zoo Yogyakarta, Selasa (18/2/2020).

Menurut Berta, usia kehamilan gajah betina Shinta sudah 19 bulan. Sedangkan Seiji 13 bulan. “Gajah memiliki periode kehamilan terlama antara 18 bulan sampai 22 bulan,” ungkapnya.

Pada masa kehamilan ini kondisi kesehatan kedua gajah itu terus dipantau. Kebutuhan nutrisinya dipenuhi. Selain diberi pakan rumput kalanjana juga ada tambahan sayur-sayuran dan buah-buahan seperti kacang-kacangan, pepaya, semangka dan melon. Pemeriksaan darah dan pemeriksaan ultrasonografi (USG) juga rutin dilakukan.

Direktur Utama (Dirut) GL Zoo Yogyakarta, KMT A Tirtodiprojo menambahkan, satwa berbelalai itu memperoleh perlakuan khusus. “Ini sebagai salah satu upaya melakukan pembiakan terprogram,” ujarnya.

Rohman Bagus, salah seorang mahout GL Zoo menyebutkan dirinya mengajak jalan-jalan gajah hamil itu setiap pagi dan sore hari.

Adapun piket malam diberlakukan sejak akhir Januari silam. Tujuannya  untuk memantau keadaan gajah khususnya Shinta yang sudah memasuki masa melahirkan.

Diperkirakan Shinta melahirkan akhir Maret atau awal April. GL Zoo memiliki koleksi 8 ekor gajah terdiri jantan 2 ekor dan 6 ekor lainnya betina. (sol)



Selasa, 18 Feb 2020, 19:15:08 WIB Oleh : Sholihul Hadi 1916 View
Ribuan Warga di Malioboro Angkat Smartphone Tinggi-tinggi
Minggu, 16 Feb 2020, 19:15:08 WIB Oleh : Redaktur 193 View
Tugas Pengawasan Bukan untuk Cari Kesalahan
Minggu, 16 Feb 2020, 19:15:08 WIB Oleh : Redaktur 1793 View
Ini yang Harus Selalu Diingat oleh Setiap Prajurit

Tuliskan Komentar