atas

Diplomasi Indonesia di Benua Amerika Masih Potensial

Jumat, 15 Mar 2019 | 12:38:24 WIB, Dilihat 404 Kali - Oleh Muhammad Zukhronnee Ms

SHARE


Diplomasi Indonesia di Benua Amerika Masih Potensial Wakil Rektor IV UAD, Dr. Sarbiran, foto bersama peserta dan pembicara forum Debriefing mantan duta besar RI untuk Brazil Toto Riyanto, dan Yusra Khan mantan duta besar RI untuk Meksiko di Aula Islamic Center UAD, Kamis (14/3/2019). (muhammad zukhronnee ms/koranbernas.id)

Baca Juga : Ini Dia Akses Jalan Baru ke Breksi


KORANBERNAS.ID -- Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan (BPPK) Kementerian Luar Negeri (Kemlu), bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menyelenggarakan Forum Debriefing Kepala Pewakilan RI di Kampus UAD Yogyakarta.

Acara yang dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari para dosen, peneliti, mahasiswa perguruan tinggi di Yogyakarta, Pemerintah Daerah ini diselenggarakan di Aula Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan, Kamis (14/3/2019).

Forum ini adalah wadah diskusi antara aktor diplomasi dan akademisi mengenai tantangan dan potensi diplomasi hubungan bilateral Indonesia dengan negara-negara mitra khususnya di benua Amerika.

Forum ini diharapkan dapat mempertajam pengetahuan peserta mengenai politik luar negeri, dan memberikan rekomendasi bagi kebijakan hubungan dan kerja sama Indonesia dengan negara di kawasan Amerika.

“Forum ini untuk berbagi pengalaman dan pemikiran mengenai upaya dan strategi peningkatan kerja sama bilateral dan multilateral Indonesia antara Duta Besar Indonesia dengan mahasiswa, civitas akademika serta pemerintah daerah," ungkap Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemlu, Duta Besar Ronny P. Yuliantoro.

Menambahkan hal tersebut, Wakil Rektor IV UAD, Dr. Sarbiran mengapresiasi kerja sama Kemlu dan UAD untuk Forum Debriefing ini.

“Forum akan dapat membuka wawasan dan memberikan inspirasi kepada mahasiswa dalam studi mereka," ungkapnya.

Forum Debriefing menghadirkan 2 Duta Besar Indonesia yang telah menjalani masa tugas, yaitu Marsekal Madya TNI (Purn) Toto Riyanto, Duta Besar RI untuk Brazil (periode 2015-2018) dan Yusra Khan, SH, Duta Besar RI untuk Meksiko, Guatemala, El Savador, dan Belize (periode 2015-2018).

Kedua Duta Besar membahas mengenai upaya dan strategi peningkatan kerja sama Indonesia dengan negara di benua Amerika dari aspek politik, sosial dan ekonomi.

Duta Besar Toto secara khusus menyoroti hubungan bilateral Indonesia dengan Brazil yang terjalin baik khususnya bidang perdagangan, pertanian, dan people to people contact.

“Brazil masih menjadi satu-satunya mitra strategis Indonesia di kawasan sejak tahun 2008," ujarnya.

Sementara Duta Besar Yusra membahas hubungan bilateral Indonesia dengan Meksiko sebagai dua negara global player.

“Kita memiliki visi sama mengenai isu global dan partner dalam organisasi APEC, OECD, G20 dan MIKTA," jelas Dubes.

Hal ini ditambah dengan kerja sama perdagangan dan investasi kedua negara yang memiliki potensi besar untuk terus dieksplorasi.

Mengakhiri pertemuan, Sekretaris BPPK, Eko Hartono memaparkan peluang berkarir di Kemlu untuk para Mahasiswa UAD dan mengundang untuk dapat ikut serta dalam mendukung diplomasi Indonesia.

Eko juga memaparkan peluang karir di Kemlu. Saat ini Kemlu memiliki total 3.347 pegawai, di mana 58% di antaranya adalah Diplomat. Kualifikasi untuk menjadi Diplomat antara lain adalah berijazah S1/S2/S3 dari bidang studi hubungan internasional, ekonomi, hukum, sastra, ilmu politik, komunikasi, dan bidang studi lainnya apabila dibutuhkan.

Forum Debriefing adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh BPPK Kemlu RI sebagai wadah akuntabilitas publik para Kepala Perwakilan RI mengenai pelaksanaan tugas dan misi yang telah diemban.

Sejak tahun 2017, Forum Debriefing menggunakan pendekatan baru yang dapat disebut sebagai program “Duta Besar Berbagi ke Kampus". Selain Yogyakarta, untuk tahun 2019, Forum Debriefing akan diselenggarakan di beberapa kota lainnya, seperti Medan, Palembang, Tangerang, dan Depok.(yve)



Jumat, 15 Mar 2019, 12:38:24 WIB Oleh : Nila Jalasutra 226 View
Ini Dia Akses Jalan Baru ke Breksi
Jumat, 15 Mar 2019, 12:38:24 WIB Oleh : Nanang WH 355 View
Apes, Penjambret Ini Langsung Diringkus
Kamis, 14 Mar 2019, 12:38:24 WIB Oleh : Sholihul Hadi 678 View
BNN Kota Yogyakarta Latih Mantan Pecandu Jadi Peracik Kopi

Tuliskan Komentar