atas

Alsintan Cara Baru Melek Teknologi Pertanian

Kamis, 10 Jan 2019 | 00:44:37 WIB, Dilihat 309 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Alsintan Cara Baru Melek Teknologi Pertanian Mahasiswa Polbatang Yoma belajar mengoperasikan alsintan, Rabu (9/1/2019). (istimewa)

Baca Juga : Mahasiswa Bingung Urus Pindah Pemilih


KORANBERNAS.ID -- Pertanian Indonesia ke depan diarahkan pada pertanian mekanis untuk teknis budidaya komoditas yang lebih presisi, efektif, dan efisien. Hal ini penting karena sektor pertanian yang semakin sedikit dilirik oleh generasi milenial akibat stigma-stigma negatif yang seringkali membuntuti sektor ini menjadikan SDM pertanian mengalami penurunan dari tahun ke tahun.

Pertanian berbasis mekanisasi menggunakan alat mesin pertanian (Alsintan) menjadi solusi menuju peningkatan kapasitas sumber daya pertanian dan ketercapaian ketahanan pangan. Karenanya mahasiswa pertanian diajarkan untuk mengenal manfaat alat tersebut.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta– Magelang (YoMa) sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Pertanian memiliki kurikulum yang bertujuan untuk mencetak sumber daya pertanian yang unggul, mandiri dan berdaya saing. Menjawab tantangan pengembangan pertanian ke depan, mahasiswa polbangtan harus mengetahui dan memiliki kompetensi mahir demi terwujudnya teknis budidaya komoditas yang lebih presisi, efektif, dan efisien melalui pengoperasian Alat Mesin Pertanian.

Salah satu upaya yang telah dilakukan oleh Polbangtan Yoma adalah adanya mata kuliah Pengoperasian Alat Mesin Pertanian, Rabu (9/1/2019). Mahasiswa semester 5A Polbangtan Yoma mengikuti kegiatan pembelajaran  pengoperasian salah satu alat mesin pertanian.

Pada kesempatan kali ini alat mesin yang digunakan adalah Combine Harvester di lingkungan kampus Polbangtan. Selain untuk memenuhi standar kompetensi, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam mendukung program modernisasi pertanian.

Menurut Direktur Polbangtan YoMa, Dr. Rajiman, SP, MP, seluruh mahasiswa Polbangtan YoMa harus bisa belajar dan mempergunakan seluruh alsintan. Sehingga mereka memiliki kompetensi yang tepat dan aplikatif.

Sementara Ari Novianto, mahasiswa semester 5A mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat untuk mempersiapkan mahasiswa terjun di lapangan.(*/yve)



Rabu, 09 Jan 2019, 00:44:37 WIB Oleh : Sari Wijaya 537 View
Mahasiswa Bingung Urus Pindah Pemilih
Rabu, 09 Jan 2019, 00:44:37 WIB Oleh : Surya Mega 260 View
2018, BRI Migrasikan 30 Persen ATM Lama
Rabu, 09 Jan 2019, 00:44:37 WIB Oleh : Nila Jalasutra 245 View
Kementerian KP Berikan Skim Pinjaman Super Lunak

Tuliskan Komentar