atas1

Sampah Plastik Diubah Jadi Karya Seni

Kamis, 24 Jan 2019 | 22:47:07 WIB, Dilihat 1565 Kali - Oleh Muhammad Zukhronnee Ms

SHARE


 Sampah Plastik Diubah Jadi Karya Seni Salah satu ekobrik karya anak-anak labs school rumah citta. Ekobrik berfungsi sebagai kursi ini ikut digelar dalam pameran bertajuk “Aku Bisa Buat Karya dari Sampah Plastik”. (istimewa)

Baca Juga : Rumah Sakit Ini Berhasil Lulus Akreditasi


KORANBERNAS.ID -- Seperti telah kita ketahui bahwa plastik sangat sulit terurai dalam tanah, membutuhkan waktu puluhan tahun dan ini akan menimbulkan permasalahan tersendiri dalam penanganannya.

Pembuangan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah bukanlah solusi yang cukup bijak dalam pengelolaan sampah plastik ini. Perlu adanya manajemen sampah plastik mulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah tangga hingga skala besar meliputi kawasan kota yang dikelola oleh pemerintah kota atau daerah setempat.

Hal ini sudah semakin mengkhawatirkan. Kita dan bahkan anak-anak pun sudah ikut menyumbang sampah plastik yang cukup banyak. Lab. School Rumah Citta dan Early Childhood Care and Development Resource Center (ECCD-RC) sebagai tempat belajar usia dini yang selalu menanamkan nilai ramah lingkungan sebagai salah satu nilai utama yang dianut. Nilai ini setiap tahun semakin dikuatkan. Tidak hanya untuk internal ECCD-RC tapi juga disebarkan ke masyarakat yang lebih luas.

Dalam pekan lingkungan yang diadakan oleh Lab. School Rumah Citta dan ECCD-RC Yogyakarta, kali ini anak-anak diajak untuk mencoba membuat ecobrick sederhana, dengan memanfaatkan sampah plastik yang ada di rumah masing-masing.

Bersama dengan keluarga di rumah, ecobrick tersebut boleh diolah menjadi mainan, boleh juga jadi barang yang fungsional. Ke depan, kita juga mengajak anak anak dan keluarga untuk mulai mengurangi sampah, agar bisa membantu melindungi bumi ini.

Ruri selaku koordinator divisi training dan media Kampanye ECCD-RC menyampaikan telah terkumpul kurang lebih 85 karya anak dan keluarga yang sangat layak diapresiasi.

"Untuk itu, karya-karya tersebut ditampilkan dalam bentuk pameran yang sengaja diselenggarakan di luar lingkungan sekolah agar dapat juga menginspirasi publik umum maupun anak dan keluarga lain," paparnya.

"Memulai sesuatu hal yang baik tidak mengenal kata terlambat. mari mulai memanfaatkan atau mengolah sampah plastik yang sudah kita ciptakan. selain itu, yang terpenting, mari kita saling mengingatkan untuk mulai mengurangi penggunaan plastik," pungkas Ruri.

Dengan mengangkat pemanfaatan sampah menjadi ecobrick (ekobrik) yang kemudian dikembangkan menjadi berbagai karya. Hal ini merupakan perwujudan dari REUSE (pakai ulang) dan RECYCLE (alih fungsi) dalam menyikapi sampah.

Pameran yang bertajuk “Aku Bisa Buat Karya dari Sampah Plastik” ini, adalah sebuah upaya ECCD-RC Yogyakarta untuk mengkampanyekan nilai ramah lingkungan dan juga penghargaan terhadap karya anak.

Melalui proses bersama dengan keluarga masing-masing dalam membuat karya, secara tak langsung ECCD-RC Yogyakarta menciptakan ruang dan kesempatan bagi anak untuk belajar menyampaikan ide dan pendapatnya di lingkungan keluarga. Di ruang ini pula, anak bisa mengenal budaya dan latar belakang keluarganya.

Pameran dibuka pada Sabtu (26/1/2019) dan berlangsung hingga Senin (28/1/2019). Pameran akan berlangsung setiap harinya mulai pukul 09.00 – 19.00, bertempat di Yogyatourium, Jl. Gedongkuning Selatan No 128 Yogyakarta.

Selain pameran, juga akan diadakan workshop anak dan dewasa pada hari Minggu (27/1/2019). Workshop anak akan ada dua kelas. Kelas pagi pukul 10.00-11.30 dan kelas sore pukul 14.30-16.00. Di workshop anak, peserta akan difasilitasi bagaimana membuat mainan dari barang bekas. Sedangkan di workshop dewasa, peserta akan difasilitasi untuk membuat ecobrick. Peserta akan mencoba membuat brick dari botol dan juga sampah plastik.(yve)



Kamis, 24 Jan 2019, 22:47:07 WIB Oleh : Nila Jalasutra 1020 View
Rumah Sakit Ini Berhasil Lulus Akreditasi
Kamis, 24 Jan 2019, 22:47:07 WIB Oleh : Masal Gurusinga 554 View
Petahana Harus Tanggungjawab di Akhir Jabatan
Kamis, 24 Jan 2019, 22:47:07 WIB Oleh : Nanang WH 627 View
Video Banjir Ikan Bertebaran di Jalan Wadaslintang Hoaks

Tuliskan Komentar