umby-meluncurkan-journal-of-dinamika-psikologisKegiatan “Launching Journal of Dinamika Psikologis and all about Intellectual Property Rights” di UMBY secara online. (istimewa)


Sari Wijaya

UMBY Meluncurkan Journal of Dinamika Psikologis

SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Program Studi Magister Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan kegiatan “Launching Journal of Dinamika Psikologis and all about Intellectual Property Rights”, sebagai salah satu bentuk kegiatan semester Genap TA 2019/2020.


Baca Lainnya :


    Humas UMBY, Widarta MM,  di kampus I jalan Wates KM 10, Sedayu Bantul, Selasa (28/7/2020), mengatakan acara ini diselenggarakan secara online pukul 13.00-15.00, pada Sabtu (18/07/2020) lalu. Acara diikuti 170 peserta yaitu mahasiswa S1, S2, S3, dosen dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) serta peserta dari berbagai daerah di Indonesia serta alumni UMBY.


    Baca Lainnya :

      Sebagai pembicara adalah Reny Yuniasanti, M.Psi, psikolog yang juga Dekan Fakultas Psikologi UMBY dan Editor Jurnal, serta Sowanya Ardi Prahara, S.Psi, MA selaku Dosen Fak Psikologi UMBY dan Editor Jurnal. Acara dimoderatori Novia Sinta Rochwidowati, M.Psi., psikolog selaku Kepala Inovasi dan HKI Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY. Penanggungjawab kegiatan adalah Plt Kaprodi, Dr Triana Noor Edwina DS, M.Si, Psikolog. Dihadiri pula  Rektor UMBY, Dr Alimatus Sahrah M.Si., M.M dan jajaran.

      “Saya menyambut gembira launching jurnal ini. Dengan demikian  ada wadah untuk mempublikasikan hasil penelitian dan semoga jurnal ini dapat dijaga dari segi rutinitas terbitnya jurnal, sehingga akhirnya dapat akreditasi sinta dan terindeks scopus,” katanya.

      Sementara Reny Yuniasanti, M.Psi, Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi UMBY sekaligus editor Jurnal Dinamika Psikologis menjadi pemateri untuk mengenalkan jurnal Dinamika Psikologis. 

      “Jurnal ini fokus pada penyebaran informasi review metaanalisa referensi keilmuwan dan pengembangan empiris dalam beberapa macam variabel psikologi, dengan kekhasan pada pengembangan pemahaman pola perilaku melalui perspektif psikologi sesuai dengan konteks masing-masing subjek penelitian maupun lingkungan penelitian,” tutur Reny.

       

      Sowanya Ardi Prahara, S.Psi., MA selaku dosen Fakultas Psikologi sekaligus editor junal Dinamika Psikologis menjelaskan tentang seluk beluk HKI. “Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yaitu sebagai suatu perlindungan hukum yang diberikan oleh negara kepada seseorang dan atau sekelompok orang atau pun badan usaha, yang ide dan gagasannya telah dituangkan ke dalam bentuk suatu karya cipta (berwujud),” katanya.

       

      HKI harus dikenalkan pada mahasiswa dengan tujuan membentuk kualitas pribadi dan karakter yang baik agar terbiasa menghargai hak orang lain, meningkatkan semangat yang tinggi untuk berkreasi dan berinovasi yang bermanfaat bagi kemajuan, memberikan perlindungan hukum bagi pencipta dan ciptaannya untuk  dikomersialkan. Juga mendorong kegiatan penelitian dan pengembangan penemuan baru diberbagai bidang teknologi, peningkatan dan perlindungan HKI akan mempercepat pertumbuhan industri. (eru)


      TAGS: jurnal  psikologi  umby 

      SHARE

      BERITA TERKAIT

      Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

      Tulis Komentar disini