pulihkan-ekonomi-ratusan-umkm-di-diy-terima-kur-Penyaluran KUR bagi UMKM WargaMU yang terdampak Covid-19, Sabtu (8/8/2020). (istimewa)


Redaktur

Pulihkan Ekonomi, Ratusan UMKM di DIY Terima KUR

SHARE

KORANBERNAS.ID, JOGJA -- BRIsyariah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp795.000.000 bagi UMKM di DIY yang terdampak Covid-19. KUR disalurkan bagi UMKM di Kios WargaMU yang bergerak di perdagangan sembako dan barang ritel.

Penyaluran KUR dilakukan bersamaan dengan peresmian Kios WargaMU di Yogyakarta pada Sabtu, 8 Agustus 2020. Kios WargaMU adalah kios sembako dan barang ritel di bawah binaan Pemuda Muhammadiyah.

"BRIsyariah sebagai bank penyalur KUR fokus mendukung pelaku UMKM tumbuh dan berkembang. Kami menyalurkan KUR kepada pelaku UMKM di Kios Kami melihat segmen ini relatif tidak terdampak covid-19, karena sembako akan terus dicari. Oleh karena itu kami siap mensupport penuh Kios WargaMU," papar Pimpinan Cabang BRIsyariah DIY, Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (8/8/2020).


Baca Lainnya :

Menurut Kurniawan, pihaknya mentargetkan pembiayaan KUR kepada 100 lebih Kios WargaMU di DIY. Diharapkan penyaluran KUR dan bantuan ini akan meningkatkan perekonomian warga Muhammadiyah serta membantu masyarakat untuk membangun usaha.

BRIsyariah terus mengakselerasi penyaluran KUR setelah mendapat tambahan kuota sebesar Rp1,5 triliun. Akserasi tersebut dilakukan melalui aplikasi i-Kurma dan masuk ke pesantren serta komunitas-komunitas seperti Kios WargaMU dan Bekraf. Penyaluran KUR juga makin terpacu lantaran Pemerintah telah mengeluarkan keputusan terkait penghapusan pembatasan KUR ke sektor nonproduksi.

"Kebijakan tersebut [penghapusan pembatasan penyaluran KUR ke sektor nonproduksi] akan semakin mempermudah penyaluran dan memacu pembiayaan."

Di kios ritel milik warga Muhammadiyah ini, selain mendukung dari sisi modal, BRIsyariah juga menerapkan digitalisasi sistem pembayarannya lewat QRIS. QRIS bisa diakses melalui menu BRISPay di aplikasi mobile banking BRIS Online. Dengan mengakses QRIS lewat BRIS Online, nasabah tidak perlu memberikan kartu kredit atau kartu debit ke kasir, tidak perlu memasukkan PIN ke Electronic Data Capture (EDC), atau mengeluarkan uang tunai.

Selain menyalurkan KUR, dalam kesempatan itu BRIsyariah bersama BRI Peduli menyalurkan bantuan sosial sebesar Rp300.000.000 untuk instalasi tanaman hidroponik.(*/yve)


Baca Lainnya :



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini