atas

Ini Peran Polbangtan Yo-Ma Kembangkan Santri Tani Milenial

Minggu, 24 Mar 2019 | 20:52:42 WIB, Dilihat 413 Kali - Oleh Redaktur

SHARE


Ini Peran Polbangtan Yo-Ma Kembangkan Santri Tani Milenial Rapat koordinasi Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Santri Tani Mileneal (KSTM), Jumat (22/3/2019) di kampus Polbangtan Yo-Ma. (Istimewa)

Baca Juga : Peserta Audisi Puteri Muslimah Indonesia Dites Baca Quran


KORANBERNAS.ID -- Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang  (Polbangtan Yo-Ma melaksanakan rapat koordinasi Penumbuhan dan Penguatan Kelompok Santri Tani Mileneal (KSTM), Jumat (22/3/2019) di kampus setempat.

Rapat dipimpin oleh Direktur Polbangtan Yo-Ma, Dr Rajiman SP MP dan diikuti oleh wakil direktur 1, perwakilan dari Dinas Pertanian/Peternakan dan kantor Kementerian Agama Provinsi DIY dan Kabupaten/Kota serta panitia dari Polbangtan Yo-Ma Yogyakarta.

Rajiman dalam arahannya menyampaikan,salah satu program Kementerian Pertanian adalah penumbuhan dan peningkatan minat santri di bidang pertanian melalui kegiatan Peningkatan Kompetensi Santri Tani Milenial bidang pertanian.

"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap santri tani milenial," paparnya.

Santri Tani Milenial adalah santri yang memiliki minat di bidang pertanian dan adaptif terhadap teknologi digital dan tergabung dalam 

KSTM sebagai media organisasi pembelajaran di bidang pertanian melalui pendekatan kelompok. Dengan demikian dapat mengimplementasikan hasil bimbingan teknis yang diikuti dalam bentuk beternak ayam buras di pondok pesantren. 

"Hal ini sejalan dengan pencapaian visi kementerian pertanian yaitu terwujudnya kemandirian pangan dan kesejahteraan petani," paparnya.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut Polbangtan Yo-Ma selaku penanggungjawab wilayah Provinsi DIY dan Provinsi Jawa Tengah untuk Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Klaten, dan Boyolali, secara intens berkoordinasi dengan dinas Pertanian/Peternakan dan Kantor Kementerian Agama setempat.

Dr. Ananti Yekti, SP, MP, wakil direktur 1 Polbangtan Yo-Ma selaku penanggungjawab wilayah Provinsi DIY menyampaikan tahapan pelaksanaan yaitu koordinasi dan sosialisasi, identifikasi Calon Petani Calon Lokasl (CPCL) KSTM, verifikasi, validasi, dan penetapan KSTM, pelaksanaan bimbingan teknis, pengadaan barang dan jasa serta monitoring dan evaluasi. 

Peserta pertemuan terlibat aktif dalam diskusi melalui penyampaian informasi terkait penentuan lokasi sosialisasi kepada Pondok Pesantren dan ketua KSTM, pelaksanaan dan penentuan pelatih/instruktur bimtek bimbingan teknis ayam buras, penentuan panitia daerah selaku pendukung dari masing-masing kabupaten kab/kota. 

"Secara mufakat menyatakan siap mendukung suksesnya program penumbuhan dan penguatan kstm," paparnya.(*/yve)

 


Minggu, 24 Mar 2019, 20:52:42 WIB Oleh : Sholihul Hadi 731 View
Peserta Audisi Puteri Muslimah Indonesia Dites Baca Quran
Minggu, 24 Mar 2019, 20:52:42 WIB Oleh : Sari Wijaya 309 View
Foto Tingkatkan Daya Tarik Wisata
Minggu, 24 Mar 2019, 20:52:42 WIB Oleh : Nila Jalasutra 281 View
Rumah Ini Nyaris Tertimbun Batu-batu Besar

Tuliskan Komentar