atas1

32.500 Keluarga Tersenyum Ikut Pasar Murah Astra

Minggu, 26 Mei 2019 | 15:33:13 WIB, Dilihat 370 Kali - Oleh warjono

SHARE


32.500 Keluarga Tersenyum Ikut Pasar Murah Astra Harjoko secara simbolis menyerahkan paket sembako untuk salah satu warga Dusun Kemuning, Sabtu (25/5/2019). (Surya Mega/koranbernas.id)

Baca Juga : Ciptakan Ramadan Nyaman, Mercon Diamankan


KORANBERNAS.ID—Sebanyak 32.500 keluarga mengikuti Pasar Murah Ramadhan 2019 yang diselenggarakan oleh Astra Group. Pasar murah digelar di 65 titik yang tersebar di 54 kota/kabupaten di 30 provinsi se-Indonesia.

Di DI Yogyakarta, kegiatan Pasar Murah Ramadhan Astra Group digelar di Dusun Kemuning, Desa Bunder Kecamatan Pathuk, Sabtu (25/5/2019). Disusul kemudian Minggu (26/5/2019) kegiatan serupa d gelar di Gedangsari Gunungkidul. Di dua Kampung Berseri Astra ini, Astra Group menyalurkan 1.000 paket sembako murah untuk membantu warga mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga murah menjelang Idul Fitri.

Koordinator Wilayah Astra Group Yogyakarta, Harjoko yang memimpin kegiatan ini menjelaskan, Pasar Murah Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap Ramadhan secara nasional.

Kegiatan dilakukan di Kampung Berseri Astra yang tersebar di berbagai wilayah, dengan melibatkan seluruh perwakilan Astra di tiap daerah.

“Di DIY kami menyediakan seribu paket sembako yang berisi gula pasir, minyak goreng, sirup dan tepung. Paket ini senilai 100 ribu rupiah. Kami menjualnya dengan harga 50 ribu rupiah. Dana hasil penjualan paket sembako murah, kita kembalikan ke tiap kampung untuk mendanai kegiatan social kemasyarakatan dan mendukung kegiatan di tempat-tempat ibadah mereka,” kata Harjoko, Sabtu (25/5/2019).

Kegiatan ini, menurut Kacab PT Astra International Daihatsu Maguwoharjo ini, merupakan implementasi dari salah satu Catur Dharma Astra. Yakni “bermanfaat bagi bangsa dan negara”.

Warga dan perwakilan Astra Group bagu membahu menyalurkan paket sembako murah di Dusun Kemuning. (Surya Mega/koranbernas.id)

Pelaksanaan Pasar Murah Ramadhan Astra Group di Dusun Kemuning, sekaligus juga menjangkau warga pedusunan di sekitar Kemuning. PJ Kades Bunder Sukemi mengatakan, Astra Group mengalokasikan paket sembako sebanyak 500 buah. Sedangkan jumlah keluarga di Kemuning sebanyak 117 KK.

“Kita salurkan juga ke warga di pedusunan lain di sekitar Kemuning,” katanya.

Sedangkan Camat Pathuk Aryo Ambar Suwardi mengungkapkan, kegiatan ini dirasa sangat membantu warga Dusun Kemuning yang selama ini dikenal menjadi wilayah terpencil dari Pathuk. Selain Kemuning, Kecamatan Pathuk memiliki wilayah terisolir lainnya yakni Jelok.

“Walau jauh dari pusat pemerintahan kecamatan, saya melihat warga di dua dusun ini memiliki semangat dan kekompakan untuk maju dan berkembang. Saya sangat berterimakasih, Astra telah berkiprah cukup lama di Kemuning dan mampu mendorong masyarakat untuk terus maju dan berkembang,” katanya.

Kecamatan Pathuk, kata Ambar, saat ini sedang getol menggulirkan kebijakan untuk menyelamatkan warga dari jeratan rentenir. Pinjaman dana dari rentenir, katanya, menjadikankehidupan masyarakat di desa-desa di Gunungkidul termasuk wilayah Kecamatan Pathuk, menjadi sulit.

“Upaya ini butuh tekad dan perjuangan keras. Juga butuh dukungan dari masyarakat sendiri. Warga harus kompak dan solid, dan semakin kreatif mencari dan menumbuhkan sumber pendapatan baru untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Dengan cara itu, kita bisa berharap, saatnya nanti mereka lepas dari rentenir. Tidak ada yang bisa kaya dari rentenir. Kalau yang jatuh bangkrut banyak,” tandasnya.(SM)



Minggu, 26 Mei 2019, 15:33:13 WIB Oleh : Sari Wijaya 373 View
Ciptakan Ramadan Nyaman, Mercon Diamankan
Minggu, 26 Mei 2019, 15:33:13 WIB Oleh : Sari Wijaya 444 View
Mengenang Korban Gempa dengan Jalan Malam
Sabtu, 25 Mei 2019, 15:33:13 WIB Oleh : Redaktur 406 View
Korem Wijayakusuma Tak Henti Bagikan Takjil Gratis

Tuliskan Komentar