Agus Ari Setyadi Terima Mandat sebagai Ketua PSSI Purworejo 2022-2026

Agus Ari Setyadi Terima Mandat sebagai Ketua PSSI Purworejo 2022-2026

KORANBERNAS.ID, PURWOREJO -- Kepemimpinan Angko Setiyarso Widodo sebagai Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Purworejo berakhir.

Secara resmi Angko menyerahkan surat tidak bersedia dipilih kembali menjadi ketua organisasi itu setelah 37 tahun masa pengabdiannya, tepatnya sejak 1985.

Selanjutnya Angko mengamanahkan Agus Ari Setyadi yang sebelumnya sebagai Sekretaris Umum PSSI Purworejo untuk menjadi Ketua PSSI Kabupaten Purworejo periode 2022-2026.

Agus Ari Setyadi terpilih secara aklamasi menjadi Ketua PSSI pada Kongres Pemilihan Ketua PSSI Kabupaten Purworejo, Sabtu (24/12/2022), di Ganeca Convention Center Purworejo. Kongres diikuti oleh 42 pengurus PSSI di kabupaten itu.

Hadir juga dalam kongres tersebut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Porapar) Purworejo, Ketua KONI dan perwakilan dari PSSI Provinsi Jawa Tengah.

Selama ini Angko dan Agus Ari memiliki kedekatan. Keduanya merupakan pendiri Yayasan Putra Bagelen Mandiri yang bergerak di bidang diklat sepak bola dan pertama di Purworejo. Keduanya pendiri Diklat Putra Bagelen Mandiri Football Academy.

Agus Ari membeberkan, persepakbolaan Purworejo pernah mengalami pasang surut. Prestasinya dibilang bagus di antaranya pernah menjuarai Piala Suratin dan Galakarya.

Terkait prioritas program kerja, Ari menyampaikan sepak bola Purworejo pernah berjaya terutama tingkat pelajar. Pihaknya akan menggali prestasi tersebut dengan memaksimalkan fasilitas stadion yang sudah siap digunakan.

"Dulu saat saya kecil, seringkali Purworejo meraih prestasi sepak bola pelajar. Semoga ke depan tercipta lagi prestasi seperti sebelumnya," ujarnya kepada wartawan, di sela kongres.

Sedangkan Angko berpendapat dirinya harus mundur dari posisi Ketua PSSI Purworejo mengingat regenerasi perlu dilakukan.

“Bukan berarti saya tidak mau mengurusi sepak bola, karena saya masih mengurusi ISP, tapi  ini sebagai regenerasi. Silakan omah lawas digunakan sebagai sekretariat tanpa bayar sewa selama saya masih hidup,” kata Angko.

Dia mendorong Agus Ari menjadi ketua menggantikaannya. “Mas Agus Ari ini sangat tepat (jadi ketua). Waktu ngurusi Persikapur, dia satu-satunya camat yang mau nonton sepak bola sampai selesai. Termasuk saya nilai punya komitmen yang tinggi,” ucapnya.

Ketua KONI Purworejo, Sumaryanto, mengapresiasi kongres yang berjalan tertib. Meski dananya paling kecil tapi kegiatan PSSI tidak kalah dengan kegiatan lain yang dananya besar. ‘Pembinaan merupakan tujuan pertama yang dilanjutkan dengan prestasi,” ujarnya.

Kadin Porapar Stephanus Aan menambahkan, pembangunan stadion standar event sudah selesai dilakukan tahun ini, hanya untuk penggunaannya menunggu enam bulan yang akan datang.

"Silakan dimanfaatkan fasilitas stadion yang dibangun pemda untuk meningkatkan prestasi pada masa mendatang," pesan Aan. (*)