Kampanye Keselamatan Berbuah Penghargaan, KAI Bandara Raih IDEAS 2025

Kampanye Keselamatan Berbuah Penghargaan, KAI Bandara Raih IDEAS 2025
KAI Bandara menerima penghargaan dalam ajang IDEAS 2025. (Istimewa)

KORANBERNAS.ID, YOGYAKARTA -- PT Railink (KAI Bandara) kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah nasional. Dalam ajang Indonesia DEI & ESG Awards (IDEAS) 2025 yang digelar oleh PR Indonesia Group, KAI Bandara berhasil meraih penghargaan untuk subkategori Hubungan dengan Masyarakat melalui kampanye edukatif #60DetikAmanSampaiTujuan.

Penghargaan tersebut diserahkan dalam seremoni penganugerahan yang berlangsung Rabu (19/6/2025 di Hotel Menara Peninsula, Jakarta. Capaian ini menjadi bukti komitmen KAI Bandara dalam mengedepankan komunikasi strategis yang selaras dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Kampanye #60DetikAmanSampaiTujuan merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan, yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dalam penggunaan transportasi kereta api. 

Selain menyasar publik luas, kampanye ini juga aktif menjalin kolaborasi dengan institusi pendidikan seperti Universitas Indonesia, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, UIN Sumatera Utara, hingga Unika Soegijapranata.

“Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim dalam merancang dan menjalankan program-program TJSL yang berdampak nyata bagi masyarakat. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung,” ujar Ayep Hanapi, Manager Komunikasi Perusahaan KAI Bandara dalam keterangannya, Jumat (20/6/2025).

IDEAS 2025 sendiri mencatat partisipasi tinggi dengan 85 entri dari 46 institusi. Setelah melalui seleksi ketat, penghargaan diberikan kepada 35 institusi dengan total 55 entri terbaik. Ajang ini menilai praktik terbaik dalam dua kategori utama, yakni ESG yang mencakup keberlanjutan lingkungan dan tata kelola perusahaan yang baik, serta DEI (Diversity, Equity, Inclusion) yang menyoroti budaya kerja inklusif dan kesetaraan di lingkungan kerja.

Proses penjurian dilakukan oleh panel ahli yang terdiri dari Asmono Wikan, Emilia Bassar (CEO CPROCOM), dan Herry Ginanjar (Ketua Indonesia ESG Professional Association/IEPA). Mereka menilai berdasarkan empat aspek utama: strategi komunikasi yang berkelanjutan, kejelasan sasaran dan pemangku kepentingan, inovasi dalam strategi media dan pelaksanaan, serta pengukuran dampak program.

KAI Bandara berharap, penghargaan ini menjadi pemacu semangat untuk terus berinovasi, tidak hanya dalam aspek keselamatan transportasi, tetapi juga dalam membangun hubungan yang harmonis dan bermakna dengan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan. (*)